Kabar Wisata Semarang

Warga Ungaran Timur Buka Destinasi Wisata di Area Persawahan, Ini Lokasinya

Tiap Minggu Legi dan Minggu Pahing di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, masyarakat berkerumun di pinggir sawah

ISTIMEWA
PASAR SAWAHAN - Pengunjung memadati Pasar Sawahan, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Minggu (16/2). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN -- Tiap Minggu Legi dan Minggu Pahing di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, masyarakat berkerumun di pinggir sawah di Dukuh Kalongan, tepatnya di depan SMPN 5 Ungaran.

Puluhan lapak berisi makanan tradisional dan jajanan pasar dijajakan di tempat itu.

Lapak-lapak itu merupakan bagian dari Pasar Sawahan, sebuah destinasi wisata baru yang menjadi daya tarik bagi warga Kabupaten Semarang dan sekitarnya.

Di Pasar Sawahan itu, pengunjung dapat membeli makanan dan jajan pasar sambil menikmati asrinya pemandangan sawah di pagi hari.

Tak kurang dari 75 lapak di Pasar Sawahan. Lapak-lapak yang membentang di pinggir sawah Dukuh Kalongan itu menjajakan aneka makanan pasar tersebut.

"Pemandangannya enak, bisa makan juga dengan harga yang tidak mahal," kata Ria Susanti (24), salah satu pengunjung Pasar Sawahan, Minggu (16/2).

Ria bersama teman-temannya membeli Klepon seharga 5 uli atau Rp 5 ribu. Mereka menikmati makanan tersebut sembari melihat pemandangan di sekitar Pasar Sawahan.

Kepala Desa Kalongan, Yarmuji mengatakan, Pasar Sawahan merupakan sebuah event pasar wisata yang menggunakan konsep tradisional ala zaman Majapahit.

"Jadi kami meriset di zaman baheula, zaman Majapahit konsep pasar kurang lebih seperti ini," kata Yarmuji.

Ia menjelaskan, menggunakan konsep zaman Majapahit, pasar itu tidak dilengkapi plastik sebagai wadah makanan. Mereka menggantinya dengan daun pisang atau daun jati untuk membungkus makanan.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved