Berita Video

Video Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Guru dan Profesional

Sebanyak 80 peserta mengikuti penyuluhan bahasa Indonesia yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah di Ruang Adipati The Safin Hotel Pati

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Berikut ini Video penyuluhan bahasa Indonesia bagi guru dan profesional

Sebanyak 80 peserta mengikuti penyuluhan bahasa Indonesia yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah di Ruang Adipati The Safin Hotel Pati, Selasa (18/2/2020).

Mereka terdiri atas 40 guru SMP dan 40 orang tenaga profesional non-guru yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), DPRD, Kodim, dan Polres.

Agus Sudono, Peneliti Balai Bahasa Jateng yang juga merupakan pemateri dalam kegiatan ini mengatakan, penyuluhan ini dilatarbelakangi keprihatinan terhadap penggunaan bahasa Indonesia di tengah masyarakat yang tidak sesuai fungsinya.

"Penggunaan bahasa Indonesia di masyarakat sekarang ini cukup memprihatinkan.

Sekarang, penggunaan bahasa di luar ruang kerap dicampuradukkan dengan bahasa asing.

Masyarakat merasa lebih bergengsi jika menggunakan bahasa asing ketimbang bahasa negara, yaitu bahasa Indonesia," ungkap dia.

Selain penggunaan bahasa di luar ruang, lanjut Agus, pihaknya juga telah mengkaji penggunaan bahasa Indonesia di badan publik.

"Ternyata, masih banyak ditemukan juga penggunaan bahasa di badan publik yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia," ujar dia.

Agar wawasan dan keterampilan berbahasa Indonesia para peserta meningkat, selama empat hari, mulai hari ini hingga Jumat (21/2/2020), mereka akan digembleng dengan berbagai materi kebahasaan.

"Materi yang kami sampaikan di antaranya pedoman umum ejaan bahasa Indonesia, pilihan kata, kalimat, paragraf, serta kebijakan mengenai bahasa Indonesia dan kesusastraan," papar Agus. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved