Kuliner Tegal

Anda Pencinta Buah Durian, Ayo Coba Es Duren Mantap Djiwa Asli Kalikangkung Pangkah Kabupaten Tegal

Buah durian, tidak hanya bisa dinikmati setelah dipetik dari pohon. Namun, saat ini buah durian juga bisa dinikmati dengan olahan beragam

desta leila kartika
Owner Es Duren Mantap Djiwa, Yanto Sodri, saat menjajakan es duren pada pembeli yang sedang menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam), di Kantor Kecamatan Pangkah, Selasa (18/2/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Buah durian, tidak hanya bisa dinikmati setelah dipetik dari pohon. Namun, saat ini buah durian juga bisa dinikmati dengan olahan beragam.

Salah satunya sebagai campuran dalam es.

Inilah yang membuat Owner Es Duren Mantap Djiwa, Yanto Sodri, berinisiatif memanfaatkan durian yang kualitasnya kurang bagus diolah menjadi es yang menyegarkan, Selasa (18/2/2020).

Bagi Anda yang berdomisili di Kabupaten Tegal, tentu sudah tidak asing kalau di Desa Kalikangkung, Kecamatan Pangkah, merupakan desa penghasil durian lokal dengan kualitas yang tidak perlu diragukan.

Melihat potensi tersebut, Yanto yang juga pemilik Durian Traveller Tegal, mulai tertarik untuk mengolahnya menjadi es durian sejak November 2019.

Tidak hanya es durian, pihaknya juga menjual buah durian yang sudah disisihkan dan ditempatkan pada tepak makan.

"Awal ide menjual es durian ini, karena saya ingin memanfaatkan durian yang kualitasnya kurang bagus semisal yang sudah pecah, dari pada tidak terjual dan dibuang lebih baik dimanfaatkan dengan dimasukkan freezer lalu diolah menjadi es durian.

Adapun durian yang diolah yaitu Durian Bawor, dengan harga jual Rp 15 ribu per gelas," tutur Yanto, pada Tribunjateng.com, Selasa (18/2).

Dikatakan, Es Duren Mantap Djiwa ini bisa ditemukan di dua cabang yaitu di kebun buah Durian Desa Kalikangkung, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, dan di Jl. AR Hakim Kota Tegal.

Adapun jenis durian yang disediakan, menurut Yanto, yaitu jenis durian lokal karena pihaknya menyediakan untuk masyarakat yang ingin makan durian dengan garansi rasa pasti manis dan harga terjangkau.

Owner Es Duren Mantap Djiwa kabupaten tegal
Owner Es Duren Mantap Djiwa kabupaten tegal (desta leila kartika)

"Kami meskipun menjual durian dengan harga murah tapi bergaransi rasa pasti manis. Harga yang kami tawarkan untuk buah durian mulai Rp 25 ribu sampai per kilo Rp 120 ribu. Ada juga durian yang premium dari harga Rp 120 ribu per kilogram sampai Rp 500 ribu per kilogram," ungkapnya.

Yanto menyebut, Kabupaten Tegal memiliki potensi sangat bagus untuk buah durian apalagi untuk buah durian jenis musang king, bawor, dan duri hitam. Konsumen yang memesan tidak hanya dari Kabupaten Tegal saja, tapi sudah sekala Nasional. Pemburunya pun sudah sekala menengah atas.

"Saya menanam durian di lahan yang pas-pasan dan di dataran rendah bercuaca panas tapi buktinya bisa. Apalagi di lahan yang subur dan di daerah atas menurut saya akan lebih bagus. Karena untuk menanam durian yang paling penting adalah ketersediaan air dan juga perawatan," pungkasnya. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved