UNS Solo

UNS Tambah 3 Guru Besar, Rektor Prof. Jamal Wiwoho: Jadi Bukti Kapasitas Akademik dan Intelektual

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) kembali menambah jumlah guru besar.

UNS Tambah 3 Guru Besar, Rektor Prof. Jamal Wiwoho: Jadi Bukti Kapasitas Akademik dan Intelektual
IST
Tiga guru besar baru UNS Solo bersama Rektor Prof Jamal Wiwoho, Rabu (26/2/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) kembali menambah jumlah guru besar.

Tiga guru besar baru ini dikukuhkan dalam sidang senat terbuka pengukuhan guru besar yang digelar di auditorium G.P.H Haryo Mataram, Rabu (26/2/2020).

Ketiga guru besar tersebut adalah Prof. Ir. Winny Astuti sebagai Guru Besar Ilmu Perencanan Wilayah dan Kota pada Fakultas Teknik (FT), Prof. Dr. Eng. Agus Purwanto sebagai Guru Besar Ilmu Teknik Kimia pada FT, dan Prof. Dr. Asrowi sebagai Guru Besar Bidang Bimbingan dan Konseling pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Ketiganya diharapkan mampu menjadi bukti bahwa kapasitas akademik dan intelektualitas mampu bersaing dengan kecanggihan teknologi di era Revolusi Industri 4.0.

Di hadapan pimpinan universitas, sidang senat, dan tamu undangan yang hadir, Prof. Winny Astuti membacakan pidato inaugurasinya yang berjudul 'Pembangunan Perumahan Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota'.

Di dalam pidatonya dia menjelaskan bila pidato inaugurasinya ditujukan untuk menjelaskan salah satu dari isu besar dalam pembangunan perumahan permukiman yang ada saat ini.

"Ini merupakan kepedulian saya selama ini terhadap isu perumahan permukiman di dalam konteks perencanaan wilayah dan kota, terutama terkait dengan upaya pengentasan kemiskinan sebagaimana dicanangkan di dalam Sustainable Developmenet Goals (SDGs)," ujar Winny Astuti.

Selanjutnya, Guru Besar kedua FT UNS yang dikukuhkan, Prof. Agus Purwanto, menyampaikan pidato inaugurasinya yang berjudul 'Baterai: Sumber Energi Inovasi Masa Depan'.

Sebagai Guru Besar baru, Agus Purwanto telah menerima sejumlah penghargaan bergengsi.

Di antaranya Doctoral Scholarship yang diberikan oleh Monbukagakusho: Education, Culture, Sports, Science, and Technology (MEXT) Japan pada tahun (2004-2008) dan Academic Leader Bidang Teknologi dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved