Tribun Community

Forum Anak Jawa Tengah Jadi Wadah Suarakan Aspirasi

Partisipasi anak dalam proses pembangunan terus dikembangkan oleh pemerintah. Pembentukan wadah-wadah partisipasi anak

ISTIMEWA
Komunitas Anak Jawa tengah 

TRIBUNJATENG.COM -- Partisipasi anak dalam proses pembangunan terus dikembangkan oleh pemerintah. Pembentukan wadah-wadah partisipasi anak digunakan sebagi media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak di masyarakat maupun dalam proses pembangunan.

Diawali dari kegiatan pertemuan Forum Anak Jawa Tengah pada tanggal 17-19 Juni 2009 di Agro Wisata Tuntang, yang diikuti oleh perwakilan anak-anak se-Jawa Tengah, terbentuklah sebuah organisasi sosial dengan anak dan remaja sebagai penggeraknya.

“Dari kegiatan tersebut, peserta bersepakat untuk membentuk wadah atau forum untuk menyalurkan aspirasi anak-anak Jawa Tengah dan juga sebagai tempat untuk berpartisipasi dan komunikasi.

Pada pertemuan tersebut, juga disepakati beberapa hal yang berkaitan dengan keberadaan forum dalam bentuk statuta. Dan pada tanggal 19 Juni 2009 dijadikan sebagai hari lahirnya Forum Anak Jawa Tengah,” ujar Amelia Adiputri Diansari, selaku ketua Forum Anak Jawa Tengah saat ini.

Organisasi yang beranggotakan anak dari 35 kabupaten atau kota di Jawa Tengah itu memiliki misi untuk menjadikan anak Jawa Tengah penerus bangsa yang beriman, bertakwa, berpendidikan, berprestasi, dan berkualitas.

Serta visi menggali dan mengakui potensi anak Jawa Tengah Membangun solidaritas sesama anak. Membangun hubungan harmonis antar semua kalangan. Meningkatkan sumber daya anak Jawa Tengah.

“Untuk organisasi Forum Anak Jawa Tengah hanya ada di tingkat Provinsi saja yang bersekretariatan di Dinas Pemberdayaan Perempuan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah) di Jalan Pamularsih no.28 Semarang. Lalu di setiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah memiliki Forum Anak masing-masing,” lanjutnya.

Amel mengatakan kegiatan rutin Forum Anak Jawa Tengah adalah melaksanakan rapat setiap satu bulan sekali dan melaksanakan kegiatan program kerja setiap dua bulan sekali. Dalam pelaksanaan program kerja itu berbeda-beda. Tidak ada program kerja rutin setiap tahun, kecuali Konferensi Forum Anak Jawa Tengah pada bulan Juni atau Juli.

“Semuga program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas forum anak sebagai forum anak yang menampung aspirasi anak dari berbagai golongan dan juga kapasitas pengurus untuk turut serta mendorong pemenuhan hak anak.

Bisa mewujudkan jejaring yang solid dan berbasis persaudaraan, serta dapat menyusun suara anak Jawa Tengah yang akan dibacakan pada pemangku jabatan sehingga bisa diintegrasikan dengan berbagai pembangunan terkait anak,” jelas gadis asal Kabupaten Sragen tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ines Ferdiana Puspitari
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved