Wabah Virus Corona

Peringatan Konferensi Asia Afrika di Bandung Terancam Ditunda Dampak Virus Corona

Peringatan Konferensi Asia Afrika ( KAA) di Bandung Ke-65 pada 18 April 2020 kemungkinan ditunda, mengingat semakin menyebarnya virus corona

TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
Warga menyaksikan prosesi pengibaran bendera negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (15/4/2015). 

TRIBUNJATENG.COM, BANDUNG - Peringatan Konferensi Asia Afrika ( KAA) di Bandung Ke-65 pada 18 April 2020 kemungkinan ditunda, mengingat semakin menyebarnya virus corona atau covid-19.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pihaknya akan meminta kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk berkoordinasi dengan Kementrian Luar Negeri.

Dikatakan Mulyana, dalam peringatan KAA tersebut nantinya akan melibatkan banyak orang dari berbagai negara.

2 Bule Rusia Kehabisan Uang Saku, Kapolsek Genuk Belikan Mie Rebus dan Sediakan Tempat Tidur

Cara Membuat Hand Sanitizer Sederhana, dan Penelitian Ahli Orang Berisiko Meninggal karena Corona

BCL Ngaku Bisa Tertawa Gara-gara Anang, Ari Lasso: Bawa Pulang Aja

Penerbangan di Adi Soemaemo Batal Akibat Hujan Abu Erupsi Merapi

Bahkan, ujar Yana, dalam kegiatan KAA tahun ini diperkirakan, bakal ada seribu orang yang terlibat.

"Kota Bandung inikan Kota yang terbuka. Saya kemarin tugaskan ke bu kadis untuk konsultasi ke kementrian, apakah akan dijadwal ulang atau tetap dilaksanakan, atau seperti apa," ujar Yana, saat ditemui di Balai Kota, Selasa (3/3/2020).

Setelah Kadis Kebudayaan dan Pariwisata berkoordinasi dengan Kementrian luar negeri, kata Yana, pihaknya baru dapat menentukan langkah selanjutnya.

"Nanti kalau sudah ada keputusan, tinggal bagaimana kita mengantisipasi. Sekarang masih menunggu jawaban karena itu (penundaan atau pembatalan) kebijakan kementrian," katanya.

Selain KAA, ujar Yana, sejauh ini belum ada lagi kegiatan yang melibatkan banyak orang dari berbagai negara di Kota Bandung.

"Sekarang fokusnya ke KAA dulu, karena selain melibatkan banyak orang, tapi dari berbagai negara juga, banyak juga negara anggota asia afrika yang sudah terpapar," ucapnya.

Menurut Mulyana, tidak menutup kemungkinan resiko penyebaran virus corona itu ada. Pihaknya pun akan menyiapkan petugas untuk meminimalisir resiko menyebaran virus tersebut, andai KAA tetap digelar sesuai jadwal.

"Ya, selama kita berupaya hidup sehat Insya Allah, namanya penyakit mah kan dulu juga Sars, Mers, Flu burung parah juga, semuanya nyerang pernafasan juga, ya mungkin kembali lagi ke kitanya," katanya.

 (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Peringatan Konfrensi Asia Afrika Terancam Ditunda karena Virus Corona

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved