Musrenbang Jateng, Bupati Asip : Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Pekalongan Capai 5,76 Persen

"Sedikit lagi kita bisa meraih nilai 6. Sehingga, ke depan inovasi yang dilakukan harus ditingkatkan kembali," " kata Bupati Asip

Istimewa
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan di Brebes pada Kamis (5/3/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan terus, konsisten berinovasi dalam menjalankan pembangunan di daerahnya.

Hal tersebut diungkapkan, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri  acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan di Brebes pada Kamis (5/3/2020).

"Capaian pembangunan daerah di Kabupaten Pekalongan, sudah mencapai angka pertumbuhan ekonomi sampai 5,76 persen dan ini merupakan capaian yang sudah lumayan baik dibandingkan dengan provinsi Jawa Tengah."

"Sedikit lagi kita bisa meraih nilai 6. Sehingga, ke depan inovasi yang dilakukan harus ditingkatkan kembali," " kata Bupati Asip.

Menurutnya, untuk bisa mencapai angka tersebut, seluruh OPD termasuk yang ada di kecamatan agar selalu berinovasi dalam menjalankan tugasnya.

"Dalam berinovasi, intinya tetap peduli dan memperhatikan kepentingan masyarakat," ujarnya.

Bupati Asip juga mengungkapkan selama ini Pemkab Pekalongan telah menjalankan beberapa program dan langkah strategis.

Diantaranya, membuat laboratoriuam kemiskinan yang menjadi strategi penanganan kemiskinan di Kabupaten Pekalongan.

Diantaranya, membangun laboratorium kemiskinan yang diuji di 3 desa dan kemudian direplikasi menjadi 10 desa.

"Insyaallah, pola ini dapat meningkatkan nilai perekonomian mencapai tujuh persen pada tahun 2021. Alhamdulillah, hal ini sudah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Pekalongan dari 12,90 persen ditahun 2016, menjadi 9,71 ditahun 2019," ujarnya.

Kemudian dibidang pendidikan, Pemkab Pekalongan sudah meluncurkan program Kembali Upayakan Dukungan untuk Sekolah (Kudu Sekolah).

"Ditargetkan tahun 2022, anak-anak usia sekolah yang tidak bersekolah di Kabupaten Pekalongan semuanya dapat bersekolah," tambahnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved