Breaking News:

Berita Salatiga

ODP Virus Corona di Salatiga Bertambah 2 Orang

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sejumlah 4 orang, dalam perkembangan terakhir tersisa 2 orang

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: muslimah
Unsplash/Viktor Forgacs
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga membenarkan adanya penambahan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona (Covid-19) sebanyak 2 orang.

Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah mengatakan semula ODP Covid-19 di Kota Hati Beriman dilaporkan sebanyak 64 orang pada Selasa 16 Maret 2020.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sejumlah 4 orang, dalam perkembangan terakhir tersisa 2 orang.

“Sampai hari ini negatif covid-19 ada dua orang, artinya semula kasus empat jumlahnya berkurang di Salatiga. Tetapi, ODP bertambah 2 orang jadi 66 sementara, dan ada laporan lagi PDP bertambah baru saja masuk siang ini. Persisnya berapa saya belum monitor,” terangnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (19/3/2020)

Menurut Zuraidah, PDP Covid-19 semula empat orang menjadi 2 pasien dalam penanganan medis dari petugas di Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan (RSPAW) dinyatakan negatif termasuk seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Korea yang tengah studi di Kota Salatiga.

Ia menambahkan, sedangkan PDP yang sekarang masih menjalani perawatan secara intensif berjumlah 3 orang. Mereka, diduga tertular virus Corona ketika berwisata ke Bali, Borobudur, dan bekerja diluar negeri.

"Seluruh pasien dalam pengawasan (PDP) sekarang masih diisolasi di Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga," katanya

Dikatakannya, seluruh pasien sekarang yang diduga terjangkit virus corona baik yang berstatus ODP maupun PDP akan diobservasi selama 14 hari. Khusus, pasien ODP mereka diharuskan melakukan isolasi mandiri dirumah.

Terkait mewabahnya virus Corona Pemkot Salatiga telah melakukan langkah penanganan virus covid 19 dengan membentuk gugus tugas dan menerbitkan surat edaran terkait percepatan penanganan covid 19. Kemudian, Pemkot Salatiga juga menyiapkan RSUD Salatiga sebagai rujukan penanganan pasien terduga corona lini dua. (ris)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved