Berita Internasional

Albert Uderzo Satu Ilustrator Komik Asterix & Obelix Meninggal

Albert Uderzo, salah satu pencipta dan ilustrator komik " Asterix & Obelix" meninggal dunia Selasa (24/3/2020) di usia 92 tahun.

FRANCOIS WALSCHAERTS/EPA-EFE
Albert Uderzo (tengah) berpose dengan Asterix dan Obelix dalam perkenalan dua karakter itu sebagai gambar dekorasi di SN Brussels Airline. Foto diambil di Bandara Melsbroek, Belgia, 21 September 2005. 

TRIBUNJATENG.COM, PARIS - Albert Uderzo, salah satu pencipta dan ilustrator komik " Asterix & Obelix" meninggal dunia Selasa (24/3/2020) di usia 92 tahun.

"Albert Uderzo meninggal dalam tidur di rumahnya di Neuilly, setelah serangan jantung yang tidak terkait dengan virus corona."

"Dia sangat lelah dalam beberapa minggu terakhir," kata menantunya, Bernard de Choisy, dikutip dari AFP.

Heboh Keluarga PDP Corona Nekat Bawa Pulang Jenazah, Buka Bungkus Plastik dan Makamkan Sendiri

BREAKING NEWS: Pesta Pernikahan Anggota TNI di Kudus Dibubarkan untuk Cegah Penyebaran corona

‎Pengurus Masjid Menara‎ Tolak Imbauan MUI Untuk Tidak Gelar Sholat Jumat

MUI Jateng Serukan Pengurus Masjid Sementara Tiadakan Jumatan dan Salat 5 Waktu Berjamaah

Uderzo menciptakan Asterix pada 1959 dengan sesama orang Perancis dan penulis Rene Goscinny, yang menghidupkannya di majalah komik Perancis-Belgia, Pilote.

Petualangan karakter Gaul yang cerdik dan gigih ini, dengan helm bersayap dan kumis pirang, bersama Obelix sang sahabat karibnya, menjadi favorit banyak kalangan.

Komik yang mengisahkan Asterix dan Obelix dengan gembira menggagalkan pasukan Romawi ini, sampai diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Serial ini kemudian diperluas menjadi 38 buku, yang paling baru adalah "Asterix and the Chieftain's Daughter" tahun lalu.

Uderzo sendiri telah berhenti menggambar serial ini pada 2011, setelah sempat melanjutkan sendiri usai kematian Goscinny pada 1977.

Hampir 1,6 juta salinan "The Chieftain's Daughter" terjual tahun lalu hanya di Perancis, yang menempatkannya di urutan teratas daftar terlaris.

Keduanya dianggap sebagai pelopor komik modern dan novel grafis, dengan 380 juta buku mereka terjual di seluruh dunia.

Halaman
1234
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved