Wabah Virus Corona

Sejumlah Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta Ditutup Sementara untuk Cegah Corona

Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19, beberapa terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditutup sementara

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon penumpang menunggu jadwal penerbangan di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (27/3/2020). Data PT Angkasa Pura II, sejak Minggu (22/3/2020) jumlah penumpang dan penerbangan di bandara terus mengalami penurunan karena adanya imbauan pemerintah untuk melakukan 'social distancing' dan karantina wilayah terkait mewabahnya virus COVID-19 di Indonesia. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19, beberapa terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditutup sementara.

Penutupan sejumlah terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimulai pada Rabu, 1 April 2020 mendatang.

Kabar rencana pembatasan operasi Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta itu disampaikan Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/3/2020).

"Tujuan dilakukannya pembatasan operasional ini adalah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pergerakan penumpang, pengunjung dan pekerja di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," katanya. 

Tadi Malam, 208 Orang Jemaah Masjid di Kebon Jeruk Dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet

Pulang dari Merantau Dijenguk Warga, Ternyata Positif Corona, Satu Dusun di Purbalingga Lockdown

Pemudik Purbalingga Wajib Kenakan Gelang Khusus, Jika Dilepas Kena Denda Rp 500 Ribu

Sedang Lockdown, 6 Orang Malah Pesta Seks di Apartemen, Dilaporkan Tetangga karena Berisik

Agus menjelaskan, pembatasan operasional Terminal 1 dan Terminal 2 ini mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik lndonesia Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 jo SE Dirjen Perhubungan Udara No.6 Tahun 2020 terkait dengan meluasnya penyebaran wabah Covid-19 di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Untuk itu, pembatasan pengoperasian Terminal 1 dan Terminal 2 dilakukan dalam rangka optimalisasi pengendalian alur penumpang baik Domestik maupun Internasional.

Salah satu yang ditutup adalah pelayanan penumpang di Terminal 1 hanya dilakukan di Sub Terminal 1A.

Sedangkan Sub Terminal 1B tidak dioperasikan atau ditutup sementara.

"Sementara, untuk Terminal 2 hanya mengoperasikan Sub Terminal 2D dan 2E. Sedangkan Low-cost carrier Terminal (LCCT) atau Terminal 2F tidak dioperasikan dan penerbangan rute Internasional dialihkan ke Terminal 3," kata Agus.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved