Breaking News:

Berita Kudus

Serius Tangani Covid-19, Pemkab Kudus Minta Keterlibatan Aktif RT/RW

Plt. Bupati Kudus HM Hartopo meminta peran aktif kepala desa, lurah, maupun camat harus lebih ditingkatkan.

IST
Plt. Bupati Kudus saat Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19 di Command Center, Senin (30/3). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Plt. Bupati Kudus HM Hartopo meminta peran aktif kepala desa, lurah, maupun camat harus lebih ditingkatkan.

Utamanya adalah para ketua RT dan RW, terkait pendataan warga yang berada di wilayahnya masing-masing.

Hal tersebut terungkap saat Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19 di Command Center, Senin (30/3).

Data tersebut adalah berupa data yang terkait dengan kedatangan para pemudik ataupun tenaga kerja yang berasal dari zona merah COVID-19.

Selain itu, pelaksanaan sosialisasi agar masyarakat Kudus tidak mengadakan kegiatan yang berpotensi mengundang keramaian atau kerumunan juga harus selalu dilaksanakan.

Pemahaman kepada masyarakat tentang arti penting penerapan pola hidup sehat dan cuci tangan pakai sabun pun terus harus dilakukan.

"Peran para kades, lurah, dan camat utamanya RT dan RW harus terus proaktif untuk mendata warganya yang berasal dari kawasan zona merah COVID-19. Selain itu, dilaksanakan pula penjelasan kepada masyarakat untuk menerapkan social distancing. Kegiatan yang berpotensi ramai agar ditunda. Sosialisasi bahaya virus COVID-19 dan upaya pencegahan juga harus terus dilakukan," ujarnya.

Plt. Bupati Kudus saat Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19 di Command Center, Senin (30/3).
Plt. Bupati Kudus saat Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19 di Command Center, Senin (30/3). (IST)

Dirinya juga menekankan kepada RT RW bahwa warganya yang memiliki status sebagai ODP harus benar-benar dipantau dan diberikan pemahaman untuk dapat melaksanakan isolasi mandiri dengan benar.

“Jangan sampai warga yang berstatus ODP tadi malah jalan-jalan kemana-mana, karena ini dapat membahayakan yang lain,” imbuhnya.

Terkait kedatangan para pemudik yang marak di beberapa wilayah di Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Kudus akan melakukan kajian atas penerapan kebijakan karantina wilayah.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved