Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS : Sentilan Soimah

JANGAN kaget jika sekarang semua serba online. Bukan hanya karena kemajuan teknologi dan penerapan kecanggihan gadget di pelbagai bidang melainkan

Penulis: iswidodo | Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/bram
Iswidodo wartawan Tribunjateng.com 

oleh Iswidodo

Wartawan Tribun Jateng

JANGAN kaget jika sekarang semua serba online. Bukan hanya karena kemajuan teknologi dan penerapan kecanggihan gadget di pelbagai bidang melainkan 'dipaksa' online demi mencegah dan menghalau pandemi Covid-19 yang kini jadi momok penduduk dunia.

Virus corona telah mengubah tatanan dunia. Anak sekolah yang dulu masih dilarang bawa ponsel ke sekolah, sekarang wajib menggunakan gadget untuk belajar secara online di rumah.

Demikian juga mahasiswa kuliah daring menggunakan videocall dengan dosennya. Bahkan sidang skripsi yang sakral menegangkan, kini digelar secara online melalui videocall.

Jumatan yang merupakan ibadah wajib sekaligus ajang silaturahmi bertatap muka sesama jemaah, kini ditiadakan sementara waktu. MUI telah memastikan hal itu, meski sebagian masjid di daerah masih menggelar Jumatan.

Shalat berjamaah biasanya imam anjurkan jemaah untuk rapat dan shaf (barisan) lurus, kini justru harus renggang berjarak. Bahkan kaum muslim dianjurkan untuk shalat berjamaah di rumah bersama keluarga. Adzan di masjid atau mushala tetap dikumandangkan lima waktu, MUI anjurkan kaum muslim shalat di rumah.

Kehadiran pekerja atau karyawan di kantor tempatnya bekerja yang dulu suatu kewajiban dan nilai plus, sekarang justru perusahaan suruh mereka bekerja di rumah.

PNS silakan bekerja dari rumah. Padahal dulu Pemda mengerahkan Satpol PP untuk mendata dan sidak mengontrol kehadiran ASN di kantor.

Dinas-dinas yang dulu mengadakan even berusaha keras agar bisa menghadirkan banyak orang, makin banyak peserta tampak lebih sukses acaranya. Sekarang tidak. Hindari kerumunan massa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved