Universitas IVET Semarang

Menangkal Corona Dengan Asupan Gizi

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang baik kualitasnya maupun kuantitasnya.

IST
Universitas IVET 

Oleh : Tim Dosen Ilmu Gizi Universitas IVET

WHO telah menyatakan status Corona Virus Disease (COVID-19) menjadi wabah pandemik karena telah menjangkit di banyak negara di dunia. Akibat dari mewabahnya virus ini berdampak ke berbagai sektor mulai dari ekonomi hingga olahraga.

Di Indonesia sendiri jumlah kasus terjangkit virus corona semakin hari semakin bertambah. Berita terbaru Kota Solo menyatakan status KLB dan menerbitkan edaran semi lockdown di lingkungan Kota Solo. Jika kasus ini semakin bertambah tentu akan disusul status KLB oleh kota-kota yang lainnya.

Virus corona menyerang sistem pernafasan manusia dan menyebabkan penderita mengalami gejala seperti flu, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan dan demam. Virus corona dapat menginfeksi siapa saja.

Virus tersebut termasuk kategori zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Namun belakangan, virus ini dapat menular antar manusia.

Penyebaran dapat melalui percikan air liur pengidap (batuk dan bersin), menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi, tinja atau feses.

Risiko virus corona lebih banyak terjadi kepada lansia dan orang yang sedang sakit atau yang memiliki kekebalan tubuh lemah. Untuk mencegah kemungkinan terinfeksi virus, selain dengan menjaga kebersihan terutama mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer dan tidak menyentuh wajah sebelum cuci tangan.

Satu hal yang sama pentingnya adalah menjaga kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh bekerja untuk melawan infeksi dari berbagai virus dan bakteri.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang baik kualitasnya maupun kuantitasnya serta harus diimbangi dengan berolahraga, istirahat yang cukup serta hindari stres. 

Beberapa makanan berkualitas yang dapat dikomsumi untuk meningkatkan kekebalan tubuh antara lain:

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved