Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS: Rumahku Surgaku

Di balik wabah virus corona yang mengguncang dunia, tetap ada hikmah yang bisa dipetik. Saat ini, sejumlah negara bahkan sampai menerapkan lockdown

Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
RUSTAM AJI wartawan Tribun Jateng 

Oleh Rustam Aji

Wartawan Tribun Jateng

Di balik wabah virus corona yang mengguncang dunia, tetap ada hikmah yang bisa dipetik. Saat ini, sejumlah negara bahkan sampai menerapkan lockdown untuk membatasi gerak warganya agar penularan virus corona tak makin masif.

Di Indonesia, yang juga tak luput dari wabah corona, memang tak menerapkan lockdown, tetapi lebih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat, untuk mencegah penularan virus corona.

Penerapan jaga jarak tersebut, juga diimplementasikan dengan membatasi kerumunan orang, berkumpul, bersalaman, kegiatan keagamaan, budaya, dll., hingga sampai mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah. (work from home).

Bahkan, anak-anak sekolah pun diminta untuk belajar di rumah dengan sistem daring. Apa pun itu, yang jelas warga diminta untuk “mengisolasi” diri di rumah, baik yang sehat dan lebih-lebih yang tak sehat.

5 Pasangan Selebriti Berikut Ini Memilih Rujuk Setelah Bercerai

Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini Kamis 2 April 2020, Taurus Jangan Tutup Hati

Bukannya di Rumah Hindari Wabah, Pria Ini Malah Keluyuran Pamer Kemaluan, Crot! Kabur Disemprot

Cerita Ashanty Dikerjai Anang Hermansyah Ambil Rapor Aurel dan Azriel

Ya, kalau militer ada istilah kembali ke barak, mahasiswa kembali ke kampus, siswa kembali ke sekolah, maka dengan adanya wabah virus corona ini, warga diminta untuk “kembali ke rumah”, menjalankan aktivitas di rumah, dan bergaul dengan keluarga yang ada di rumah.

Suka tidak suka, seluruh warga harus di rumah. Tetapi, di balik itu semua, tentu ada sebuah hikmah. Inilah saatnya kita menerapkan rumahku surgaku! Ya, selama ini, banyak orang menjadikan rumah hanya sekadar untuk tidur, atau sekadar untuk istirahat, lalu ditinggal dan menjalankan aktivitas di luar. Padahal, fungsi rumah tak sekadar itu.

Dalam arti umum, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Namun tak jarang, rumah bahkan dianggap sebagai “neraka”. Karena hanya sekadar dijadikan sebagai tempat singgah. Banyak orang yang tak betah di rumah, entah karena bosan atau karena di luar rumah lebih menarik dan menyenangkan, dan lain sebagainya. Jadilah rumah bak neraka, yang ada hanya pertengkaran.

Karena itu, hikmah adanya wabah corona, kita seolah “diperintahkan” untuk menengok rumah, yang dulu hanya sekadar sebagai tempat singgah dan pertengkaran. Saat ini, enak tidak enak, kita tengah “dipaksa” untuk di rumah. Untuk itu, tidak ada pilihan lain, maka kita harus menjadi rumah kita sebagai surga.

Bagi orang muslim, sejatinya sudah diajarkan bahwa rumah tak lain adalah sebagai "Al-Madrasah", rumah yang meniscayakan proses tarbiyah dan edukasi, di mana ayah ibu sebagai gurunya dan anak-anak menjadi muridnya. Tugas inilah yang sering diabaikan oleh orangtua. Mereka lebih sibuk dengan dunianya masing-masing sehingga banyak anak-anak yang terjerumus ke pergaulan bebas dan narkoba.

Karena itu, saat inilah yang tepat untuk menjadikan rumah kita sebagai tempat edukasi, tak sekadar untuk berkumpul, makan, dan tidur saja. Lebih dari itu, menjadikan rumah sebagai tempat pendidikan bagi anak dan diri kita sebagai orangtua.

Mari perintah WFH dan belajar di rumah benar-benar kita maksimalkan untuk tumbuhkembang pendidikan yang mengajarkan tentang keteladanan. Jadikan rumah kita sebagai surga, bukan neraka!

7 dari 8 Siswa Pemerkosa Adik Kelas Ditangkap, 1 Otak Pelaku Masih Buron

Raffi Ahmad Tertawakan Tabungan Rafathar 10 Ribu, Nagita Slavina: Itu Bukan Rupiah

Sule Pengin Cari Istri yang Lebih Muda seperti Istri Parto

5 Pasangan Selebriti Berikut Ini Memilih Rujuk Setelah Bercerai

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved