Kesbangpol Jateng

Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Jateng Diminta Bersinergi Data ODP Corona

Selain melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan virus corona Covid-19, Bakesbangpol juga diminta melakukan langkah konkret di wilayahnya

ist
Haerudin, Kepala Kesbangpol Jateng 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Tengah melakukan rapat koordinasi via video conference dengan Bakesbangpol di kabupaten/kota se-Jateng, Jumat (3/4/2020).

Selain melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona Covid-19, Bakesbangpol juga diminta melakukan langkah konkret di wilayahnya.

"Kesbangpol kabupaten/kota diminta untuk melakukan penelusuran sampai desa/ kelurahan bahkan ke tingkat RT RW untuk memastikan data semua ODP (orang dalam pemantauan) yang merupakan warga pulang dari perantauan," kata Kepala Badan Kesbangpol Jateng, Haerudin.

Pemantauan tersebut dilakukan bersama instansi lain yang terkait. Akhir-akhir ini, kata dia, jumlah ODP meningkat menyusul banyaknya warga perantauan yang pulang ke kampung halaman.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah memberikan instruksi kepada kepala daerah untuk memantau dan melakukan pengawasan ketat terhadap pergerakan warga yang melakukan mudik dini.

Pemerintah kabupaten/kota pun menindaklanjutinya dengan memeriksa penumpang yang baru tiba di terminal.

Namun, yang terjadi, pemudik tersebut tidak hanya menggunakan moda transportasi bus, ada juga yang datang dengan mobil pribadi atau mobil travel. Tentunya pemudik ini tidak terpantau di terminal.

Oleh karena itu, Kesbangpol lebih fokus ke penanganan di tingkat bawah seperti desa, RT, RW, bahkan Dasa Wisma. Kesbangpol juga mendorong pemerintah di tingkat bawah untuk mendata warganya yang baru tiba dari daerah lain tersebut.

"Data ODP, by name by address itu, nantinya digunakan untuk dua hal minimal, terkait pengawasan kesehatan dan bantuan sosial atau makan," jelasnya.

Menurutnya, warga yang masuk dalam ODP harus melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Selama karantina, mereka pastinya membutuhkan makan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved