Berita Semarang

14 Perjalanan Kereta Api ke Jakarta Melintasi DAOP IV Semarang Dibatalkan, Ini KA yang Beroperasi

PT KAI membatalkan 14 perjalaan kereta api baik menuju maupun dari Jakarta akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

tribunjateng/indra dwi purnomo
Kasturah (56), warga di Desa Kampil, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah yang menjadi penjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT KAI membatalkan 14 perjalaan kereta api baik menuju maupun dari Jakarta akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan oleh Pemprov DKI Jakarta mulai Jumat (10/4/2020).

Semua perjalanan kereta yang dibatalakan itu melintasi perlintasan kereta api di Daop IV Semarang.

Manajer Humas PT. KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro mengatakan bahwa pembatalan tersebut disesuaikan dengan pembatasan jam operasi transportasi umum di DKI Jakarta pada masa PSBB.

Doa Quraish Shihab untuk Glenn Fredly Bikin Najwa Shihab Menangis Sesenggukan

Viral Suami Dilabrak Istri Gegara Mandi dengan Si Rambut Panjang, Malah Cengengesan

Warganya Tolak Pemakaman Perawat Korban Corona, Pak RT di Ungaran Ini Menangis: Saya Minta Maaf

Aksi Nekat Sopir Truk Evakuasi Mandiri di Tanjakan Silayur Semarang, Warga: Gila Tuh!

Tak hanya faktor PSBB yang membuat pihak PT KAI membatalakn 14 perjalanan kereta tersebut, namun pembatalan itu juga mempertimbangkan okupansi dari KA yang kian menurun akibat sepinya para penumpang.

"Pembatasan jam operasional tranportasi umum yakni dari pukul 06.00 WIB s.d 18.00 WIB. Dan kereta yang perjalanannya dibatalkan mulai tanggal 10 sampai 23 April 2020," tuturnya, Jumat (10/4).

Pembatalan perjalanan kereta dilakukan baik yang melintasi maupun berangkat dari Daop IV Semarang naik dari 32 menjadi 46 perjalanan kereta.

Dari 46 perjalanan kereta itu terdiri dari 36 perjalanan menuju dan dari Jakarta, 4 perjalanan kereta lokal Daop IV Semarang, dan 6 perjalanan kereta menuju Bandung, Kutoarjo dan Surabaya.

"Saat ini masih ada yang masih beroperasi menuju Jakarta yakni KA Kertajaya Jurusan Pasar Senen-Pasar Turi dan sebaliknya," paparnya

Meski demikian, pihaknya akan mengembalikan biaya tiket yang telah dibeli oleh para penumpang yang perjalanan keretanya dibatalkan.

Biaya tersebut dikembalikan 100 persen tanpa potongan apapun.

Nantinya penumpang akan dihubungi oleh callcenter KAI, namun jika tidak dihubungi penumpang bisa langsung menuju loket stasiun maupun melalui aplikasi KaiAccess.

"Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan, uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Sedangkan pembatalan di loket stasiun maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai," pungkasnya.(*)

Berkah Corona, Carmi TKI Arab Saudi Dinyatakan Hilang 31 Tahun Lalu Akhirnya Pulang ke Indonesia

Tangisan Lepas Glenn Fredly, Mutia Ayu : “Please, Jangan Tinggalin Aku, Aura Kasih Tak Mampu Bicara

Kisah Nanang Alami Pembuluh Darah Mata Pecah Setelah Kena Semprotan Disinfektan: Sempat Gelap Gulita

Proyek Penyesuaian Level di Jalan Siliwangi Hingga Simpang Hanoman Semarang Mulai di Kerjakan

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved