Bea Cukai Tanjung Emas

Bea Cukai Berikan Sejumlah Fasilitas Guna Penanganan Covid-19

Pandemi Wabah Corona yang melanda sebagian besar negara di dunia mengakibatkan masalah yang serius sehingga berdampak signifikan terhadap perekonomian

Bea Cukai Berikan Sejumlah Fasilitas Guna Penanganan Covid-19
IST
Bea Cukai Berikan Sejumlah Fasilitas Guna Penanganan Covid-19

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pandemi Wabah Corona yang melanda sebagian besar negara di dunia mengakibatkan masalah yang serius sehingga berdampak signifikan terhadap perekonomian global.

Dampak tersebut juga berimbas pada perekonomian Indonesia yang mengakibatkan banyaknya perusahaan yang memangkas jumlah pegawainya.

Untuk itu, Pemerintah melalui Bea Cukai yang berada di bawah Kementerian Keuangan berupaya memberikan beberapa relaksasi dibidang perpajakan dalam rangka menanggulangi dampak pandemi global Covid-19 yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi global, mengganggu rantai pasok dalam negeri, dan kelangkaan ketersediaan barang di dalam negeri.

Di antara fasilitas relaksasi  tersebut yaitu Insentif Tambahan untuk Perusahaan Penerima Fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan/atau Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Penanganan Dampak Bencana Penyakit Virus Corona (Coronavirus Disease 2019/Covid-19).

Insentif tambahan ini diharapkan mampu membangkitkan roda perekonomian di tengah Pandemi Covid-19 yang telah mengakibatkan perusahaan KB dan KITE mengalami kendala dalam proses produksi karena sulitnya memperoleh bahan baku serta memengaruhi nilai ekspor perusahaan yang turun sehingga berdampak pada pengurangan tenaga kerja.

Insentif tambahan ini juga di harapkan mampu menjaga persediaan alat pelindung diri (APD) dalam negeri yang sebagian besar diproduksi oleh perusahaan KB dan KITE.

Selain itu Bea Cukai juga memberikan fasilitas lain seperti Pembebasan bea masuk dan/atau cukai atas impor barang kiriman hadiah/hibah untuk keperluan ibadah untuk umum, amal, sosial, atau kebudayaan, pembebasan cukai etil alkohol untuk tujuan sosial dan produksi hand sanitizer, antiseptic, dan lain-lain guna pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Kemudian relaksasi penyerahan surat keterangan asal (SKA) melalui surat elektronik (e-mail) untuk membantu kelancaran proses importasi dan fasilitas lain guna penanggulangan pandemi Covid-19.

”Di saat seperti ini sebagai bangsa yang besar sudah seharusnya kita bersatu, saling mengambil peran dalam penanganan Covid-19 ini adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan, taati perintah dari pemerintah untuk melakukan social distancing dan physical distancing,” pesan Anton Martin saat ditemui di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Tanjung Emas.

Bea Cukai akan terus berkomitmen untuk menjalankan tugasnya sebagai Industrial Asistance untuk melindungi industri dalam negeri dari tekanan ekonomi global dengan terus menerbitkan kebijakan dan fasilitas fasilitas yang dapat memberikan kemudahan khususnya di masa sulit seperti sekarang.

Namun meskipun demikian Bea Cukai juga tetap menjalankan fungsinya di bidang pengawasan  sebagai community protector untuk melindungi masyarakat dari barang-barang yang berbahaya.  (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved