Kementerian Pertanian

Kisah Sukses Gapoktan Tani Subur Kabupaten Semarang, Giling Padi 1,5 Ton per Hari

Gabungan Kelompok Tani atau yang disingkat dengan istilah Gapoktan mampu mendongkrak produksi padi di tataran petani.

IST
Hamparan sawah yang dikelol anggota Gapoktan Tani Subur, Kelurahan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gabungan Kelompok Tani atau yang disingkat dengan istilah Gapoktan mampu mendongkrak produksi padi di tataran petani.

Salah satunya seperti yang dilakukan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Subur, Kelurahan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Pengawas Gapoktan Tani Subur, Nurhudi menceritakan, kunci sukses Gapoktan ini yakni semangat yang tinggi.

Selain itu bantuan yang datang dari pemerintah, mulai dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat membuat Gapoktan Tani Subur semakin maju hingga memiliki lahan sendiri.

"Kami turun ke lapangan, memang luar biasa Gapoktan Tani Subur ini. Ada semangatnya tinggi,. Apalagi realisasi Ketahanan Pangan di era Pak Jokowi ini, Gapoktan Tani Subur sudah betul-betul subur," ujar Nurhudi di Semarang, Rabu (21/4/2020).

Menyambung hal itu, Ketua Gapoktan Tani Subur, Komari menjelaskan, pihaknya merekrut beberapa kelompok tani (poktan),.

Langkah al itu agar produk pertanian yang dihasilkan oleh poktan-poktan tersebut dapat disetorkan kemudian dikelola dan dipasarkan oleh Gapoktan.

"Sampai saat ini kami memiliki lahan seluas 110 hektar mencakup satu kelurahan untuk produksi padi. Untuk sebagian atas untuk dua kali panen, tapi untuk bagian pesisir Rawa Pening hanya sekali panen. Kalau 1 hektar itu 8 ton, gabah kering panen," tuturnya.

Untuk kendala yang dihadapi Gapoktan Tani Subur, Komari menuturkan, hingga saat ini pihaknya tidak mengalami kendala yang berarti.

Mulai dari distribusi pupuk yang lancar, hingga hasil panen yang memuaskan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved