Virus Corona Jateng

Layak Dicontoh, Ibu-ibu Dasa Wisma Karangnangka Banyumas Jadi Ujung Tombak Lawan Corona

Ibu-ibu Dasa Wisma Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, membentuk tim Relawan Lawan Covid-19 secara mandiri.

IST
Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono mengunjungi Ibu-ibu Dasa Wisma Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas yang membentuk tim Relawan Lawan Covid-19 secara mandiri, Selasa (21/4/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Ibu-ibu Dasa Wisma Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, membentuk tim Relawan Lawan Covid-19 secara mandiri.

Berbeda dengan desa lain dalam penanganan Covid-19, Desa Karangnangka mengusung konsep Jaga Tetangga Jaga Keluarga untuk menangani wabah corona.

Berbeda dari konsep pemerintah untuk membentuk Gugus Tugas tingkat RT, ibu-ibu PKK di tingkat dasa wisma justru menjadi garda depan relawan desa.

Ganjar Terima Usulan Wali Kota Semarang Soal PSBB: Jika Diterapkan Demak dan Kendal Menyesuaikan

Polisi Iba Lihat Kondisi Rumah Pencuri Beras 5 Kg, Kursi dan Meja Saja Tidak Punya

Yuni Tak Punya Firasat Apapun Melihat 2 Pria di Kebun Kopi Bawen, Apalagi saat Itu siang bolong

Jawaban Millen Keponakan Ashanty saat Ditanya Kalau Sholat Pakai Sarung Atau Mukena, Intip Fotonya

Kepala Desa Karangnangka, Sunarto mengatakan, pihaknya belajar dari kasus meninggalnya 1 orang pasien Corona asal Karangnangka yang menetap di Ciracas, Jakarta, pada 17 Maret lalu.

Pemerintah desa langsung bersiap, bersinergi dengan semua unsur.

Mulai dari tim kesehatan desa, Puskesmas, Babinsa, perangkat desa, BPD, karang taruna, sampai PKK tingkat dasa wisma sebagai garda paling depan dan relawan dibuat sendiri.

"Relawan ini bekerja lebih efektif dibandingkan dengan Gugus Tugas yang dibentuk di tingkat RT.

Komunikasi dilakukan melalui aplikasi pesan mulai dari grup kecil di tingkat dasa wisma.

Kami juga membuat posko relawan dan tempat karantina," katanya kepada TribunBanyumas.com (grup Tribun Jateng), Selasa (21/4/2020).

Para relawan ini melakukan pendataan mulai dari warga desa yang bepergian, pendatang maupun pemudik yang berasal dari daerah zona merah.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved