Berita Solo

Achmad Purnomo Mundur Bersaing dengan Gibran, Alasanya Dinilai Pengamat Terlalu Klise

Purnomo mengatakan, dirinya tidak sampai hati untuk memikirkan Pilkada Solo di posisi masyarakat yang masih terdampak corona ini

ISTIMEWA
Achmad Purnomo membisikan sesuatu ke telinga Gibran Rakabuming Raka saat keduanya bertemu di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Rencana mundurnya penantang anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yakni Achmad Purnomo dari Pilkda Solo 2020 dinilai terlalu klise jika alasan tidak tega melihat masyarakat menghadapi Covid-19.

Pengamat Politik dan Hukum Tata Negara Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto memaparkan, berita mundurnya Bakal Calon Wali Kota Solo Ahmad Purnomo dari kontestasi politik sebagai hal yang mengejutkan.

Meskipun keputusan mundur dari kontestasi politik adalah hak bagi setiap bakal calon.

Saat Sule Menjatuhkan Diri di Sebelah Barang Pemberiannya, Andre Taulany: Mungkin dia Terharu

Bayinya Masih Pakai Pampers dan Pakaian saat Dimakamkan, La Nguna: Itu Terus Membayangi Saya

Promo Indomaret dan Alfamart Lengkap, Belanja Awal Ramadan Lebih Hemat, Minyak Goreng hingga Susu

Promo Superindo Akhir Pekan 24-26 April 2020, Diskon Kurma Sayur Buah hingga Minyak, Ini Daftarnya

"Kalau mundur itu hak ya, dan tidak dilarang dalam undang-undang (UU) kita," paparnya Agus kepada Tribunsolo.com, Jumat (24/4/2020).

Namun Dosen Hukum Tata Negara FH UNS itu mencoba 'menguliti' alasan lawan Gibran Rakabuming Raka dalam mendapatkan tiket dari Ketua Umum PDIP Perjuangan itu.

Diketahui, pria yang saat ini masih jadi Wakil Wali Kota itu mundur karena tidak tega dengan keadaan masyarakat sekarang dalam menghadapi musibah pandemi Corona.

"Cuma kalau mundur terkait keadaan Covid-19, menurut saya terlalu klise," terang dia.

"Karena yang mengalami Covid-19 bukan dia sendiri, tapi semua orang juga mengalaminya," akunya menekankan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, publik Solo mesti mempertanyakan terkait alasannya memilih mundur secara mendadak seperti sekarang.

Bahkan Agus menduga Purnomo akan menyatakan mundur dari tahapan Pilkada Solo 2020 karena yang bersangkutan tidak punya keyakinan untuk menang ataukah ada tekanan politik tertentu.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved