Berita Pati

Penerimaan Peserta Didik di Tengah Wabah Virus Corona, Bupati Pati Instruksikan Pendaftaran Online

Dari Ruang Pati Command Center, Bupati Pati Haryanto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati Winarto mengadakan Sosialisasi PP

IST
Dari Ruang Pati Command Center, Bupati Pati Haryanto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati Winarto mengadakan Sosialisasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun 2020 melalui konferensi video, Selasa (28/4/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dari Ruang Pati Command Center, Bupati Pati Haryanto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati Winarto mengadakan Sosialisasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun 2020 melalui konferensi video, Selasa (28/4/2020).

Peserta konferensi video ini adalah seluruh Kepala SD dan SMP, Pengawas SD/SMP, Korwilcam Bidang Penyelenggara Penerimaan Pendidikan dan segenap panitia dalam kegiatan Sosialisasi PPDB Kabupaten Pati.

Bupati mengatakan, PPDB tahun ini dilaksanakan sesuai Permendikbud No. 44 Tahun 2019 dan Peraturan Bupati Pati No.21 Tahun 2020.

Amien Rais CS Ingin Ungkap Gerakan Terselubung Pemerintah Terbitkan Perppu Corona

Reaksi Pria Berpisau Saat Rusak Mobil di Jalan Tol Setelah Tahu Penumpangnya Bintang Satu Polisi

Viral Akun Reemar Martin Artis Tik Tok Filipina Diserang Netizen +62, Sempat Hilang Di-Report

Inilah Daftar Penutupan Tahap III Dua Ruas Jalan di Kota Semarang, Ditutup 24 Jam Mulai Malam Ini

Ia meminta seluruh sekolah menyiapkan mekanisme PPDB yang sesuai protokol pencegahan persebaran Covid-19.

Termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah.

"Sedangkan PPDB untuk TK dan SD diusahakan oleh sekolah melalui mekanisme daring atau online, misalnya melalui aplikasi whatsapp atau email sekolah," terang Haryanto.

Kendati tidak ada pendaftaran melalui tatap muka, ia menegaskan bahwa satuan pendidikan wajib mengumumkan pelaksanaan dan informasi PPDB secara jelas.

Informasi yang harus ditampilkan, kata dia, meliputi jalur pendaftaran, perpindahan persyaratan, seleksi, serta daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar.

"Adapun untuk hasil PPDB, sekolah wajib mengumumkan secara terbuka seperti informasi zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi melalui papan pengumuman sekolah, laman sekolah, maupun media lainnya," tutur Haryanto.

Ia juga menyebutkan, prosentase pendaftaran jalur zonasi ialah 60%, jalur afirmasi 15%, jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5%, dan jalur prestasi 20% dari daya tampung sekolah.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved