Breaking News:

Berita Pekalongan

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Bantuan Keuangan Partai Politik Kabupaten Pekalongan Tetap Cair

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pekalongan menggelar koordinasi soal penyaluran dan pencairan bantuan partai politik.

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pekalongan menggelar koordinasi dengan pengurus partai politik (Parpol) yang mendapatkan kursi hasil Pemilu 2019, berkaitan dengan pelaksanaan penyaluran dan pencairan bantuan partai politik.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Pekalongan, Haryanto Nugroho mengatakan, menindaklanjuti surat dari Mendagri No. 213/2280/Polpum tanggal 21 April yang lalu meminta para kepala daerah untuk tetap melaksanakan penyaluran dan memproses pencairan bantuan keuangan parpol.

"Ini untuk menindaklajuti surat dari Mendagri, meskipun saat ini pemerintah pusat sampai pemerintah daerah masih melakukan refocusing dan realokasi anggaran berkaitan dengan penanganan virus corona atau Covid-19."

"Namun yang bisa dilakukan refocusing dan realokasi anggaran adalah kegiatan yang tidak termasuk program darurat nasional, sedangkan untuk bantuan keuangan partai politik ini termasuk kegiatan prioritas nasional sehingga tidak dilakukan refocusing dan realokasi anggaran," kata Haryanto saat ditemui Tribunjateng.com seusai menggelar koordinasi dengan pengurus parpol di aula Kesbangpol setempat," Selasa (5/5/2020).

Media Luar Negeri Beritakan Meninggalnya Didi Kempot, Sempat Dikabarkan Kena Corona

Kesan Kaesang Pangarep Terhadap Didi Kempot Ketika Izin Ingin Bikin Kaos Desain Vini Vidi Didi

Anggota DPD RI Abdul Kholik: Upaya Mas Didi Kempot Lestarikan Bahasa Jawa Lebih Nyata dan Berhasil

Tolak Halus Ajakan Makan Semeja dengan Menteri, Didi Kempot Pilih Makan Bareng Musisi

Menurutnya, bantuan keuangan yang diberikan kepada partai politik sebesar Rp. 1.127.292.100, dari APBD Kabupaten Pekalongan tahun 2020.

"Sesuai hasil pemilu tahun 2019 ada 7 parpol yang memiliki wakil di DPRD Kabupaten Pekalongan yang mendapatkan bantuan keuangan."

"Per suara bantuannya sebanyak Rp 2.300 dikalikan saja jumlah suara sah dari masing-masing parpol."

"Paling banyak yang mendapatkan bantuan yaitu partai PKB diikuti PDIP dan partai-partai lainnya," ujarnya.

Lalu, untuk mekanisme pencairannya yaitu masing-masing parpol mengajukan proposal pencairan yang ditandatangani oleh ketua dan pengurus inti dari parpol tersebut.

Kemudian disampaikan ke Bupati dengan tembusan Kesbangpol.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved