Berita Kendal

Ganti Meteran Listrik Rusak Bayar atau Tidak? Ini Penjelasan PLN Kendal & Mekanismenya

Meteran listrik yang mengalami rusak pada beberapa itemnya mendapat jaminan penggantian yang baru.

TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Ilustrasi metetan listrik baru yang disediakan PLN. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Meteran listrik yang mengalami rusak pada beberapa itemnya mendapat jaminan penggantian yang baru.

Masyarakat pun tidak dipungut biaya jasa maupun biaya alat yang diganti. Asalkan mau mengikuti prosedur yang menjadi ketentuan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Manager PLN Rayon Kendal Tresna Nurma Abadi, menjelaskan pihak PLN pada dasarnya bertanggungjawab penuh atas kerusakan meteran listrik pada setiap pelanggan.

Hal tersebut sepanjang meteran itu rusak bukan karena tindakan perusakan segel maupun tindakan perubahan komponen yang ada.

Tadi Malam Didi Kempot Masih Dengarkan Lagu Kemudian Merasa Panas, Meninggal Pagi Tadi

Daftar Harga Ponsel Xiaomi Bulan Mei 2020, Ada Cashback untuk Xiaomi Redmi 8A Pro

Dapat Julukan The Godfather of Broken Heart, Didi Kempot Curhat Pernah Patah Hati di Usia 14 Tahun

Didi Kempot di Mata Ganjar: Beliau Fenomenal, Maestro yang Mampu Bawa Musik Tradisional Mendunia

Sepanjang hal tersebut, kerusakan bentuk apapun pada meteran seperti rusaknya tombol, matinya LCD, hingga kerusakan lain yang mengganggu pengoperasian meteran mendapat jaminan penggantian dari PLN gratis.

Pihak PLN hanya perlu menerima laporan warga dan sesegera mungkin maksimal dalam 3 hari akan ditindaklanjuti petugas datang ke lokasi.

"Prinsipnya semua tanpa biaya, baik jasa maupun alat. Semua dari PLN namun ada prosedurnya," terang Tresna di Kendal, Selasa (5/5/2020).

Kata Tresna, prosedur awal warga atau pelanggan yang bersangkutan wajib lapor kepada pihak PLN setempat atau menghubungi contac center (0294) 123.

Laporan tersebut ditindak lanjuti petugas teknisi untuk dilakukan pengecekan meteran. Meteran yang dipastikan rusak wajar secara otomatis bakal mendapatkan ganti meteran baru.

Setidaknya terdapat 2 poin yang menjadi ketentuan PLN untuk mengganti meteran rusak. Bagi meteran yang sudah menggunakan pulsa, sistim penggantian cenderung lebih panjang. Meteran yang mengalami keruskaan akan diganti terlebih dahulu dengan meteran siaga.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved