Ramadhan 2020

ACT Jateng Gelar Program Bantuan untuk Warga Ter-PHK di Bulan Ramadan

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jateng gelar gerakan "Bantu Saudara Ter-PHK". Gerakan tersebut untuk membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan

ISTIMEWA
PENYALURAN BANTUAN - Satu program yang dijalankan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam upaya penyaluran bantuan pangan kepada wargayang membutuhkan, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jateng gelar gerakan "Bantu Saudara Ter-PHK". Gerakan tersebut untuk membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena imbas pandemi Covid-19.

ACT menargetkan setiap bulannya 1.000 orang yang terdampak Covid-19 dan kehilangan pekerjaan mendapat bantuan bahan pangan. Masyarakat yang terdampak tinggal menghubungi ACT lewat media sosial ataupun sambungan telepon.

Giyantoni, Branch Manager ACT Jateng, mengatakan, gerakan bersama tersebut digelar untuk menyelamatkan bangsa.

"Kami menggagas gerakan ini karena banyak masyarakat yang terdampak Covid-19 dan kehilangan mata pencaharian," paparnya, Selasa (12/5).

Dilanjutkannya, dari data Pemprov Jateng, awal April lalu ada 24 ribu buruh lebih terkena PHK, dan 1 Mei bertambah menjadi 50 ribu lebih.

"Dampak Covid-19 tidak hanya menyebabkan kemisikinan masif, namun juga kekurangan bahan makanan, serta terganggunya sendi-sendi perekonomian di masyarakat. Untuk itu, gerakan sosial ini kami gelar," jelasnya.

Giyantoni menuturkan, untuk membantu masyarakat recovery dan emergency dalam penanganan musibah virus corona harus dilakukan bersama.

"Kami juga buka layanan operasi beras gratis, operasi pangan gratis, operasi makan gratis, dan dapur umum Ramadan. Dan jika ada masyarakat yang kekurangan bahan makanan bisa menghubungi kami," paparnya.

Selain itu, di tengah bulan Ramadan, dijelaskannya program kemandirian usaha untuk masyarakat juga akan digelar.

"Ada beberapa program, yaitu Pemberdayaan Usaha Warung Makan (PUWM), Pemberdayaan Pembuatan APD (PPA) yang sudah diikuti 100 orang, serta Usaha Kelompok Tani (UKT) untuk menyediakan beras dan makanan yang berbasis pertanian. Modal usaha tersebut dari donatur dan labanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," terangnya.

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved