Berita Pati

Ini Imbauan PCNU Pati terkait Pelaksanaan Salat Idulfitri 1 Syawal 1441 H

Berikut imbauan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati terkait pelaksanaan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Berikut imbauan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati terkait pelaksanaan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah.

Ketua PCNU Pati KH Yusuf Hasyim mengatakan, pada 18 Mei 2020 pihaknya telah membuat edaran terkait pelaksanaan salat Id.

Secara umum, surat edaran tersebut berisi imbauan pada umat islam agar tetap menaati anjuran pemerintah terkait pencegahan penularan virus corona.

“Secara khusus, edaran kami juga telah jelas bahwa bagi masjid-masjid yang menyelenggarakan salat id, kami mohon dengan sangat agar prosedur protokol kesehatan wajib dilaksanakan.

Meski keadaan sudah mulai membaik, kita belum tahu apakah ada gelombang pandemi berikutnya,” ujar dia ketika diwawancarai Tribunjateng.com usai mengikuti rapat koordinasi persiapan lebaran di Ruang Joyo Kusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (20/5/2020).

KH Yusuf Hasyim menambahkan, salat id juga bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Terkait hal ini, pihaknya telah menyampaikan tata cara pelaksanaan salat id di rumah, baik secara sendiri maupun berjamaah.

Adapun untuk masjid yang tetap menyelenggarakan salat Idulfitri, lanjut dia, pihaknya sudah menyiapkan khotbah singkat tujuh menit untuk dibaca para khatib.

Disebut Fadli Zon Ambil Alih Pekerjaan Tukang Parkir, Ganjar: Maaf Kalau Panjenengan Tak Berkenan

Promo Superindo Hari Kerja 18-21 Mei 2020, Khong Guan Diskon 50 Persen, Ini daftar Lengkapnya

Ini yang Terjadi di Lokasi Ganjar Atur Lalu Lintas, Dikritik Fadli Zon Ambil Pekerjaan Tukang Parkir

Cari Ponsel Fast Charging Harga Rp 2 Jutaan? Deretan Hp Ini Bisa Anda Pilih

Adapun mengenai pembayaran zakat fitrah, sejak awal pihaknya telah mengimbau umat Islam supaya melaksanakan zakat ta’jil, artinya bisa dibayarkan pada awal atau pertengahan Ramadan, tidak harus menumpuk pada malam hari raya.

“Zakat fitrah juga sudah mulai kami bagikan untuk mustahik di seluruh ranting. Memang kami minta dibagikan lebih awal sebelum hari raya idul fitri.

Sudah banyak yang melaksanakan zakat fitrah ta’jil. Mulai kemarin Lazisnu juga sudah membagikan zakat mal, nilainya lebih dari Rp 500 juta,” ungkap dia.

KH Yusuf Hasyim juga mengimbau masyarakat agar untuk sementara tidak melaksanakan acara halalbihalal atau kegiatan silaturahim yang bersifat massal.

Menurutnya, di situasi pandemi semacam ini, silaturahim lebaran cukup dilakukan terbatas di lingkungan keluarga.

Hal ini demi menjaga supaya tidak ada gelombang pandemi selanjutnya. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved