Breaking News:

Idul Fitri 2020

Cerita Mahasiswa Indonesia Idul Fitri di Mesir Diganti Masak-masak Bareng

Presiden Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Mesir Arif Mughni (23) berbagi cerita suasana Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijiriah

Istimewa
Mahasiswa Indonesia di Mesir 

TRIBUNJATENG.COM -- Presiden Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Mesir Arif Mughni (23) berbagi cerita suasana Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijiriah di Negeri Para Nabi, Mesir, yang sangat berbeda. Tak lain karena pandemi Covid-19. 

Arit mengatakan, ketika Hari Raya tiba, lapangan diisi ribuan manusia untuk merayakan Hari Kemenangan. Mulai dari melaksanakan salat Ied berjemaah, bersalam-salaman, hingga bersilaturahmi.

"Namun tahun ini berbeda. Semuanya sepi dan tidak berisi. Hanya beberapa mesjid yang dibuka untuk takbiran secara formal, itu pun dengan menjaga SOP (standar operasional prosedur) yang ada, terbatas dan lain sebagainya," terang Arif kepada Tribun, Selasa (26/5).

Lebaran tahun ini, akibat pandemi Covid-19, pemerintah Mesir menganjurkan warganya merayakan Hari Raya dengan Salat Idulfitri berjemaah di rumah masing-masing. 

Namun demikian, menurut Arif hal itu tidak membuat semangat para mahasiswa Indonesia di Mesir merayakan Hari Raya surut."Karena kami yakin, untuk sekarang, inilah yang terbaik," kata Arif singkat.

Arif menceritakan, di tengah situasi Covid-19, akhirnya banyak mahasiswa Indonesia di Mesir membuat berbagai aktivitas kreatif untuk merayakan Lebaran.

Aktivitas kreatif itu untuk mengganti berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan di tahun-tahun sebelumnya ketika Lebaran, yang kini tak bisa dilakukan.

Membuat ketupat atau Hidangan Hari Raya. Arif bercerita, biasanya di hari pertama Idulfitri para mahasiswa diundang Duta Besar RI di Mesir untuk silaturahmi akbar di Kedutaan Indonesia di Mesir.

Selain silaturahmi, para mahasiswa juga menyantap hidangan yang disediakan, saling tatap muka dengan banyak mahasiswa dan Staff KBRI secara langsung, saling memaafkan.

Tahun ini, lanjutnya, semuanya diganti dengan masak bersama di rumah atau asrama masing-masing.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved