Breaking News:

Berita Otomotif

Nissan Menutup Pabrik Perakitan Mobil di Indonesia

Pasca menghentikan produksi mobil merek Datsun di Indonesia menjelang akhir 2019 lalu, Nissan Motor kini memutuskan menutup pabrik perakitan mobil

ISTIMEWA
- PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan produk stylish terbarunya, Datsun GO & GO+ T-Ultimate di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pasca menghentikan produksi mobil merek Datsun di Indonesia menjelang akhir 2019 lalu, Nissan Motor kini memutuskan menutup pabrik perakitan mobil di Indonesia.

Pengumuman penutupan pabrik disampaikan langsung Makoto Uchida, Chief Executive Officer (CEO) Nissan Motor, dalam pernyataan tertulis di Jepang, Kamis (28/5).

“Nissan berkonsentrasi pada pabrik di Thailand sebagai basis produksi tunggal di ASEAN,” katanya.

Meski demikian, Uchida dalam pernyataannya, menuturkan, penghentian produksi di Indonesia dilakukan dalam rangka transformasi bisnis yang kini sedang diterapkan.

“Kami ingin memastikan pertumbuhan yang stabil, dan berkonsentrasi pada kompetensi dan meningkatkan kualitas bisnis kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, Nissan akan melakukan pengetatan keuangan agar bisa mengembalikan performa bisnis yang menguntungkan.

Selain menutup pabrik di Indonesia, Nissan juga menutup pabriknya di Barcelona, Eropa Barat.

Keputusan Nissan Motor itupun memiliki alasan yang masuk akal, mengingat penjualan mobil di Indonesia tidak mengalami kenaikan beberapa tahun terakhir.

Sebaliknya, dalam 3 bulan terakhir penjualan mobil justru terjun bebas akibat wabah covid-19.

Penjualan Nissan juga tak juga menunjukkan performa menggembirakan belakangan ini. Meski telah mendapat support dari Mitsubishi untuk produksi produk bersama kendaraan multi purpose vehicle (MPV), hal itu tak mampu menggenjot penjualan secara signifikan.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan mobil Nissan selama 4 bulan terakhir tercatat sebanyak 2.088 unit.

Sepanjang 2019 lalu, Nissan menjual mobil sebanyak 12.302 unit, atau 1,2 persen dari total penjualan mobil di Indonesia. (Kontan/Asnil Bambani Amri)

Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan Per 1 Juli Belum Sesuai Perhitungan Aktuaria

VIRAL! Romina Ashrafi Dibunuh Demi Kehormatan Keluarga, Ayah Kandung Gorok Leher Putrinya Saat Tidur

UPDATE Corona Indonesia Usai Lebaran: Ini 5 Provinsi Terbanyak dan 8 Provinsi Tak Ada Kasus Baru

Update Corona Jateng Pagi Ini Sabtu 30 Mei 2020

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved