Breaking News:

Berita Pekanbaru

BERITA LENGKAP: Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Riau, Inilah Kondisi Terakhir Sang Pilot

Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 dengan nomor registrasi TT 0209, jatuh di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar

Editor: Catur waskito Edy
Tangkapan layar di KOMPAS TV
Bidik layar video amatir jatuhnya pesawat tempur TNI AU. Pesawat diketahui sebagai BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKANBARU -- Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 dengan nomor registrasi TT 0209, jatuh di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6) pagi.

Pesawat buatan tahun 1990 dengan airframe 3.100 jam itu kehilangan tenaga saat hendak mendarat.

Pilot pesawat, Lettu Pnb Apriyanto Ismail, berhasil selamat setelah melontarkan diri dengan ejection seat (kursi lontar).

"Syukur Alhamdulillah, penerbang selamat dengan menggunakan kursi lontar.

Pesawat tersebut jatuh sekitar 1,5 Km dari ujung landasan dan menimpa dua rumah, ya Alhamdulillah tidak ada orang di dalam rumah tersebut," ungkap Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, saat konferensi pers di Ruang Arjuna, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin sore, didampingi Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Ronny Irianto Moningka.

Pesawat Hawk 209 itu jatuh menimpa dua rumah di Perumahan Mutiara Sialang Indah, Desa Kubang Jaya.

Namun, tak ada korban jiwa karena rumah dalam keadaan kosong. Dalam kesempatan ini, Marsekal Fadjar menyampaikan permintaan maaf kepada pemilik rumah.

"TNI Angkatan Udara dalam hal ini Lanud Roesmin Nurjadin, akan bertanggungjawab. Terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu dan aparat yang sudah membantu. Baik dari Kodim, dari Polres, Koramil, atau Polsek," ungkap Marsekal Fadjar.

Pesawat Hawk 209 yang jatuh itu, sebelumnya melaksanakan latihan penembakan sekitar pukul 07.00 WIB di daerah Siabu, Kampar, bersama dua pesawat lainnya.

"Saat latihan di Siabu normal. Kejadiannya, pesawat ini bertiga. Setelah selesai melaksanakan latihan penembakan di daerah Siabu (Kampar, pesawat kembali untuk mendarat," beber Marsekal Fadjar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved