Berita Kabupaten Tegal

Kepatuhan Protokol Kesehatan di Pedesaan Semakin Rendah, Jogo Tonggo Harus Lebih Aktif Lagi

"Masyarakat ini hanya menangkap atau memahami yang" Normal" nya saja, sedangkan yang "New" tidak diperhitungkan

Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Bupati tegal, Umi Azizah, menyerahkan secara simbolis paket bantuan dari Dinkes Provinsi Jateng untuk Tim Jogo Tonggo kepada Ketua Paguyuban Kades Kabupaten Tegal (Pradja), Mulyanto, Kamis (25/6/2020) di posko gugus tugas covid-19 Kabupaten Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berkurangnya kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan, seperti mengenakan masker ketika keluar rumah terutama di Desa, diakui oleh Ketua Paguyuban Kades Kabupaten Tegal (Pradja), Mulyanto, dipengaruhi adanya penerapan New Normal baik di Pemerintahan pusat maupun Daerah.

Sehingga warga menyalahartikan New Normal ini dengan keadaan sudah kembali seperti biasa sebelum adanya pandemi corona.

Padahal pada kenyataannya tidak demikian, warga harus tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

"Masyarakat ini hanya menangkap atau memahami yang" Normal" nya saja, sedangkan yang "New" tidak diperhitungkan.

Maka saya berharap pada rekan-rekan kepala desa untuk kembali mensosialisasikan kepada warganya tentang Jogo Tonggo, dan memberikan batasan kegiatan di sekala RT atau pun RW," tutur Mulyanto, pada Tribunjateng.com, Kamis (25/6/2020).

Dikatakan, pihaknya juga sudah melakukan kerja sama dengan tim Gugus Tugas di Desa, Kabupaten, dan juga Pemerintah Kecamatan, dalam hal penanggulangan penyebaran Covid-19.

Meski semangat warga untuk menatuhi protokol kesehatan dirasakan menurun sejak setelah lebaran, Mulyanto mengaku, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi, edukasi, dan memberikan imbauan kepada warga tentang penggunaan masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan penyemprotan disinfektan.

"Mudah-mudahan dengan kerja sama dan partisipasi dari masyarakat melalui Jogo Tonggo, kita bisa menuntaskan kasus Covid-19. Karena tidak akan mungkin bisa menyelesaikan secara menyeluruh jika tidak ada kerja sama satu dengan yang lainnya," tutur dia.

Adapun yang dimaksud Jogo Tonggo ini di antaranya, semisal ada tetangga yang baru saja pulang dari luar kota apalagi daerah yang zona merah, harus melapor ke Gugus Tugas setempat atau bisa ke RT terlebih dahulu.

Sesama warga harus saling mengingatkan, jangan sampai tidak peduli dan diam saja jika ada yang belum menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved