Breaking News:

Pertamina

Pinky Movement : Pertamina Gandeng UMKM Salurkan Bright Gas

Dalam rangka mengoptimalkan penyaluran LPG non subsidi kepada masyarakat mampu, PT Pertamina (Persero) menginisiasi program “Pinky Movement” yang meru

IST
Mitra Binaan Pertamina dalam Program Pinky Movement - Para pelaku UMKM di Boyolali 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka mengoptimalkan penyaluran LPG non subsidi kepada masyarakat mampu, PT Pertamina (Persero) menginisiasi program “Pinky Movement”.

Program ini merupakan modifikasi dari program kemitraan BUMN dengan menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menyalurkan LPG non subsidi Bright Gas.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, program Pinky Movement dilaksanakan oleh Pertamina Marketing Operation Region IV.

Pada tahapan awal sebanyak 31 pelaku UMKM di wilayah Boyolali bergabung dalam program tersebut dengan total nilai penyaluran Program sebesar Rp 2.455.000.000.

Briefing penandatanganan kontrak penyaluran program oleh sales brach manager Pertamina di soloraya - sandy rahadian
Briefing penandatanganan kontrak penyaluran program oleh sales brach manager Pertamina di soloraya - sandy rahadian (IST)

Menurut Pjs. General Manager Pertamina MOR IV, Rahman Pramono Wibowo, program kemitraan dengan tajuk “Pinky Movement” ini memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian pelaku UMKM bersinergi dengan Pertamina untuk menyalurkan LPG non subsidi yaitu bright gas.

“Para pelaku UMKM ini adalah mereka yang kesehariannya tidak lepas dari penggunaan bahan bakar LPG baik itu penjual atau pangkalan LPG ataupun usaha-usaha seperti kuliner yang menggunakan LPG sebagai bahan bakarnya," ujar Rahman.

Selain itu, Rahman menambahkan bahwa tujuan lain dari program ini adalah mengedukasi pelaku UMKM dan masyarakat agar penyaluran LPG menjadi tepat sasaran.

“Selama ini masih banyak para pelaku usaha maupun masyarakat yang belum paham terkait perbedaan dan peruntukkan LPG subsidi dan non subsidi. LPG 3 kg tabung hijau yang merupakan program subsidi pemerintah masih sering kita jumpai digunakan oleh masyarakat mampu. Sehingga Melalui program Pinky Movement kami sekaligus mengedukasi terkait hal tersebut agar penyaluran LPG tepat sasaran”, ungkapnya.

Pertamina MOR IV menargetkan penyaluran program kemitraan pada tahun 2020 sebesar Rp 18.000.000.000.

Pada tahun 2019 Pertamina MOR IV berhasil menyalurkan program kemitraan sebesar nanti atau sebanyak Rp. 31.000.000.000 dengan jumlah 500 mitra binaan UMKM yang tersebar di wilayah Jateng DIY.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved