Berita Kabupaten Tegal

Tanggapi Pencabutan Maklumat Polri, Bupati Umi:Warga Kab Tegal Harus Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Beberapa sanksi tersebut di antranya membacakan Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan atau lagi nasional, dan membersihkan lingkungan

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Menanggapi dicabutnya Maklumat Kapolri tentang larangan berkerumun saat pandemi corona, Bupati Tegal, Umi Azizah mengatakan, jangan sampai masyarakat beranggapan sudah bebas dan mengabaikan protokol kesehatan khususnya di Kabupaten Tegal.

Padahal jika melihat kondisi saat ini, kenaikan kasus positif Covid-19 masih terjadi di berbagai wilayah dan secara Nasional pun masih tergolong tinggi.

Adapun untuk di Kabupaten Tegal sendiri, Umi mengungkapkan, update terakhir kasus positif Covid-19 bertambah satu orang jadi total saat ini ada 33 kasus.

Maka untuk tetap menciptakan suasana kondusif di masa pandemi corona meski maklumat Kapolri dihapus, Pemkab Tegal sudah menyiapkan Perbup no 35 tahun 2020 sebagai pengaman.

Perbup ini harus disosialisasikan ke masyarakat, tujuannya supaya mereka tahu untuk menuju sehat dan aman dari covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan, dengan sanksi yang sudah disiapkan.

"Saya sebetulnya sampai sekarang belum menerima surat resmi tentang pencabutan maklumat Kapolri tersebut.

Tapi ya saya tetap wajibkan masyarakat Kabupaten Tegal khususnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Jangan sampai menganggap setelah dicabut lalu bebas dan abai dengan protokol kesehatan," tegas Umi, pada Tribunjateng.com, Senin (29/6/2020).

Dikatakan, sanksi bagi siapapun yang melanggar protokol kesehatan tergolong ringan, karena tujuan utamanya adalah membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak.

Beberapa sanksi tersebut di antranya membacakan Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan atau lagi nasional, dan membersihkan lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved