Berita Semarang

KPU Kabupaten Semarang Berencana Pinjam Thermo Gun Aparat Desa Pas Coblosan di TPS

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Semarang berencana meminjam alat pengecekan suhu tubuh bernama thermo gun di tiap desa

Tribun Jateng/ Akbar Hari Mukti
Sosialisasi KPU Kabupaten Semarang ke perangkat desa di kantor KPU Kabupaten Semarang, Selasa (30/6/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Semarang berencana meminjam alat pengecekan suhu tubuh bernama thermo gun di tiap desa.

"Misalnya nanti kebutuhan alat pengukur suhu badan satu per TPS, harapannya dari Pemdes, atau pihak pihak yang memiliki thermogun di tiap daerah nantinya KPU mohon untuk bisa dilakukan sistem pinjam pakai," jelas Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi, Selasa (30/6/2020).

"Komunikasi ke Pemkab untuk pelaksanaan rapid tes termasuk biaya dan teknis pelaksanaan."

"Agar nantinya 15 juli 2020 dipastikan petugas kami sehat semua tak ada yang terkena corona saat melakukan coklit," paparnya.

Selain itu KPU Kabupaten Semarang  juga sedang mengupayakan rapid tes bagi petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Maskup menambahkan, pihaknya kini sedang sosialisasi itu berkaitan dengan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) mulai 15 Juli 2020 mendatang.

"Kami menindaklanjuti surat KPU RI agar menyampaikan tahapan sosialisasi."

"Kami hadirkan camat, forum kepala desa, lurah, hingga sekretaris desa," paparnya.

Ia mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan agar nantinya saat tahapan coklit berlangsung, kades maupun perangkat desa lainnya dapat mendukung pelaksanannya.

"Artinya petugas kami bisa mendapatkan data akurat jika ada yang berubah dan diperbaiki di masing-masing desa. Bisa disampaikan ke petugas kami," jelasnya.

Ia menilai satu indikator pilkada dikatakan demokratis adalah apabila masyarakat yang memiliki hak pilih dapat terdata dalam daftar pemilih, dan identitas kependudukannya benar.

(Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved