Berita Kabupaten Tegal

Persiapkan Hewan Kurban Jelang Idul Adha, DKPP Kabupaten Tegal Berikan Vitamin dan Obat Cacing

Ditegaskan untuk tempat pemotongan itu gratis, dan retribusi pemotongan khusus Idul Adha atau hari besar juga free

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal, mulai melakukan pemeriksaan dan pemberian vitamin sekaligus obat cacing kepada hewan ternak yang akan dikurbankan.

Adapun kegiatan tersebut sudah berlangsung mulai minggu lalu dan berakhir pada tanggal 10 Juli 2020.

Menurut Kepala Bidang Peternakan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal, Sugiyanto, kegiatan ini menyasar para pengepul atau peternak yang menyediakan hewan kurban.

"Jumlah obat cacing yang kami berikan sekitar 2.680 obat, dengan rincian 680 obat cacing untuk sapi dan sisanya 2 ribu obat cacing untuk kambing dan domba," kata Sugiyanto, saat ditemui Tribunjateng.com di kantornya, Selasa (30/6/2020).

Sugiyanto menjelaskan, sesuai surat edaran yang diberikan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, dalam pelaksanaan kegiatan kurban yang meliputi penjualan hewan kurban dan kuota daging kurban, perlu dilakukan penyesuaian terhadap prosedur dalam situasi pandemi Covid-19.

Maka diperlukan langkah-langka untuk mencegah dan mengendalikan potensi penularan Covid-19 di tempat penjualan dan pemotongan hewan kurban.

"Untuk pemotongan hewan kurban, diharapkan masuk di Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah. Karena dilihat dari sisi higienisnya, kebersihan, SDM juga sudah memenuhi syarat, dan tidak ada yang bergerombol. Adapun di Kabupaten Tegal jumlah RPH yang besar ada dua di Penusupan dan Pagongan," jelasnya.

Selain sudah terjamin kebersihannya, lokasi pemotongan di Rumah Potong Hewan juga bisa diawasi langsung oleh petugas. Baik sebelum dipotong ataupun sesudah dipotong.

Termasuk pemeriksaan kesehatan atau kualitas dagingnya, apakah bagus atau ada indikasi penyakit seperti cacing hati, atau pun lainnya.

Ditegaskan untuk tempat pemotongan itu gratis, dan retribusi pemotongan khusus Idul Adha atau hari besar juga free.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved