Breaking News:

Berita Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Sragen Ciptakan Alat Hand Sanitizer Otomatis

Siswa ekstra robotik SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen ciptakan penyemprot hand sanitizer otomatis

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Siswa ekstra robotik SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen ciptakan penyemprot hand sanitizer otomatis.

Penyemprot otomatis ini dilengkapi dengan sensor ultrasonik dimana ketika ada tangan di depan sensor tersebut cairan hand sanitizer akan keluar secara otomatis.

Hand sanitizer otomatis ini digawangi empat siswa yang tergabung dalam satu tim diantaranya Aji Putra Agustian kelas 8D, Andika Insan Kamil kelas 8C, Fadil Muhammad Alim 9C dan Zakky Putra Maulana 9C.

Mereka berempat mengaku membutuhkan selama kurang lebih satu bulan terakhir untuk merakit hand sanitizer otomatis tersebut.

Fadil mewakili keempat siswa menyampaikan latar belakang pembuatan alat tersebut berawal dari setiap ingin menggunakan hand sanitizer harus memencet kuasnya.

Dirinya menyampaikan di masa Pandemi banyak yang menyediakan hand sanitizer ditempat umum sehingga banyak digunakan orang banyak.

Dengan adanya alat hand sanitizer otomatis, cairan hand sanitizer akan keluar sendiri sehingga mengurangi kontak langsung antara tangan sehingga lebih aman.

"Dimasa Pandemi Covid-19 ini kan kalau ingin menggunakan hand sanitizer harus memencet kuasnya baru keluar cairan, kalau alat ini berbeda hand sanitizer otomatis jadi lebih aman menghindari kontak fisik," terang Fadil, Kamis (9/7/2020).

Zakky menambahkan komponen dari alat tersebut terdiri dari sensor ultrasonik, arduino, servo dan botol hand sanitizer.

Sensor ultrasonik ini berfungsi sebagai sensor jika ada tangan di bawahnya, sensor akan mengeluarkan sinyal ke arduino, arduino akan mengirimkan gerakan ke servo dari servo akan menekan tuas dari botol hand sanitizer dan hand sanitizer akan keluar secara otomatis.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved