Breaking News:

Berita Kudus

BPJamsostek Kudus Melatih 220 Korban PHK Perusahaan Terdampak Corona: Ada Chef, Tukang Las dan Jahit

BPJamsostek Cabang Kudus mengadakan Pelatihan Vokasi untuk Pekerja ter-PHK Dampak Covid-19, Senin (13/7/2020).

Istimewa
Program BPJamsostek pelatihan korban PHK Perusahaan terdampak corona di Kudus. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - BPJamsostek Cabang Kudus mengadakan Pelatihan Vokasi untuk Pekerja ter-PHK Dampak Covid-19, Senin (13/7/2020).

BPJamsostek Cabang Kudus menyelenggarakan tiga modul pelatihan yaitu juru masak, pengelasan (welding), pembuatan APD (masker, face shield dan hazmat).

Pps Kepala BPJamsostek Cabang Kudus, Fajar Tri Utomo menjelaskan kegiatan vokasi itu merupakan bentuk kepedulian BPJamsostek terhadap pekerja yang belum punya pekerjaan.

"Pelatihan Vokasi ini untuk memberikan keterampilan baru yang nantinya akan bermanfaaat bagi pekerja yang belum bekerja lagi untuk memperoleh pekerjaan kembali dengan tambahan keahlian dan ketrampilan," kata dia,‎ dalam acara bertema 'Vokasi Asik BPJamsostek' Kudus,di gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Kabupaten Kudus‎, Senin (13/7/2020).

Meskipun peserta tidak dipungut biaya, setiap peserta tetap mendapatkan fasilitas sertifikat kompetensi dan uang saku selama pelatihan.

"Kami mempunyai target 220 pekerja untuk mengikuti pelatihan vokasi, namun tidak menutup kemungkinan dapat melebihi target tersebut," kata Fajar.

Pelatihan Vokasi ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pertama dari tanggal 13-24 Juli 2020 yang di ikuti 60 peserta.

Kemudian tahap kedua dari tanggal 4-18 Agustus 2020 dengan 120 peserta, dan tahap ketiga dari tanggal 1-14 September 20‎20 akan diikuti 45 peserta.

‎Ada beberapa syarat untuk menjadi peserta pelatihan vokasi, satu di antaranya peserta harus sudah pernah menjadi peserta BPJamsostek minimal 12 bulan, belum bekerja dan non aktif dari kepesertaan.

"Peserta juga masih dalam usia produktif maksimal 40 tahun dan bersedia mengikuti pelatihan secara bersungguh-sungguh sampai selesai," jelas dia.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perinkop, dan UKM Kabupaten Kudus, Marti menyampaikan kepada peserta agar selalu mengikuti seluruh rangkaian pelatihan vokasi, agar tujuan dari pelatihan vokasi ini tercapai yaitu untuk meningkatkan skil dan keterampilan peserta.

Febi Setiyawan, peserta pelatihan vokasi mengucapkan terimakasih kepada BPJamsostek karena telah diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan vokasi ini secara gratis.

"Saya mendapatkan tambahan keterampilan dan wawasan baru untuk modal mencari pekerjaan atau usaha," ujar dia.‎

(raf)

Penulis: raka f pujangga
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved