Breaking News:

Virus Corona Jateng

Banjarnegara Masih Zona Merah, Sholat Idul Adha di Alun-alun Ditiadakan

Di antara aturan itu, mereka wajib menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer serta menggunakan masker

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
IST
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banjarnegara memutuskan tidak akan menyelenggarakan salat Idul Adha di Alun-alun Banjarnegara tahun 2020 ini.

Ini mempertimbangkan kondisi Kabupaten Banjarnegara yang masih masuk zona merah penyebaran virus Covid 19.

Terkait penyelenggaraan salat Idul Adha di Kabupaten Banjarnegara, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui PHBI akan mengirim Surat Edaran tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dengan mendasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/ 2020 M menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, serta Surat Edaran Kementerian Pertanian Direktorat Jendral Perternakan Dan Kesehatan Hewan Nomor : 0008/SE/PK.320/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam Corona Virus Desease (COVID-19). Takmir masjid dipersilakan menggelar salat Idul Adha dengan syarat mengikuti protokol kesehatan.

"Pelaksanaan salat Idul Adha di Seluruh Kabupaten Banjarnegara dipersilakan dengan utamanya adalah protokol kesehatan, memperhatikan surat dari kementerian agama” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Indarto

Sekda Indarto mengingatkan takmir masjid dan panitia peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban.

Di antara aturan itu, mereka wajib menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer serta menggunakan masker.

PHBI juga akan menyusun dan menyetak naskah khutbah Idul Adha dengan tema menyesuaikan kondisi pandemi covid-19 yang akan disebarkan ke masjid-masjid melalui Kecamatan.

Di sisi lain, PHBI memutuskan untuk tidak menyelenggarakan takbir keliling tahun ini. Menurut dia, peniadaan penyelenggaraan takbir keliling dan salat Idul Adha di alun-alun Banjarnegara guna menghindari kerumunan warga dan mencegah penyebaran corona virus disease (covid-19).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved