Breaking News:

Berita Internasional

Donald Trump Klaim Tingkat Kematian karena Covid-19 di AS Terendah di Dunia

Donald Trump membuat pernyataan yang sangat berani bahwa AS memiliki tingkat kematian terendah karena Covid-19, dibandingkan dengan negara lainnya di

Editor: m nur huda
Doug Mills-Pool / Getty Images / AFP
Ketika pandemi coronavirus novel berlanjut di Amerika Serikat, Presiden Donald Trump berbicara kepada para wartawan setelah menandatangani proklamasi menghormati Hari Perawat Nasional di Kantor Oval di Gedung Putih di Gedung Putih 06 Mei 2020 di Washington, DC. Dengan lebih dari satu juta orang di Amerika Serikat terinfeksi COVID-19 dan puluhan ribu orang meninggal karena virus, perawat telah berada di garis depan perawatan untuk pasien di seluruh negeri. 

TRIBUNJATENG.COM, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump membuat pernyataan yang sangat berani bahwa AS memiliki tingkat kematian terendah karena Covid-19, dibandingkan dengan negara lainnya di dunia.

"Saya dengar kita salah satu yang terendah, mungkin paling rendah, dari tingkat kematian di dunia (karena pandemi Covid-19)," ujar Trump dalam wawancara dengan Chris Wallace di Fox News Sunday.

Trump kemudian meminta angka kematian yang ia maksud kepada Sekretaris Pers Gedung Putih, Kayleigh McEnany yang tidak berada di depan kamera.

Kunjungi UIN Walisongo Semarang, Ini Harapan Komisi VIII DPR RI

Amerika Blacklist 11 Perusahaan China, Dituding Ada Pelanggaran HAM pada Etnis Uighur

Kronologi hingga Jokowi Bubarkan 18 Lembaga, Simpel dan Bergerak Lebih Cepat

Mahfud MD Minta Pejabat Polri yang Bantu Djoko Tjandra Tak hanya Dicopot Tapi Juga Dipidana

"Tolong, apakah Anda memiliki nomornya? Saya dengar kita memiliki tingkat kematian terbaik," ujar presiden dari Partai Republik ini kepada McEnany, seperti yang dilansir dari CNN pada Senin (20/7/2020).

Setelah McEnany memberikan data angka kematian itu, Trump lalu menunjukkannya kepada Wallace dan berkata, "Tingkat kematian terendah."

Trump membalas Wallace yang menurutnya melaporkan "berita palsu".

"Kamu bilang kami memiliki tingkat kematian terburuk di dunia (karena Covid-19), tapi, kami memiliki tingkat yang terbaik," ungkapnya.

Menurut data Johns Hopkins University, AS sebenarnya adalah salah satu negara yang memiliki tingkat kematian tertinggi, dan lebih buruk dibandingkan beberapa negara yang paling parah terdampak Covid-19, seperti Brasil, Meksiko, dan Rusia.

AS berada di peringkat 8 dalam jumlah kematian karena Covid-19 per 100.000 orang.

Posisi AS tersebut lebih rendah dibandingkan beberapa negara Eropa dan Chili.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved