Breaking News:

KKN Undip

Cegah Hipertensi pada Lansia, Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Setensia di Borobudur

Mahasiswa KKN Undip, Eka Novia Astuti melakukan rangkaian kegiatan untuk pencegahan hipertensi pada lansia, salah satunya yaitu mengajarkan SETENSIA (

IST
Penyampaian materi edukasi pencegahan hipertensi oleh mahasiswi KKN Undip Eka Novia Astuti 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Mahasiswa KKN Undip, Eka Novia Astuti melakukan rangkaian kegiatan untuk pencegahan hipertensi pada lansia, salah satunya mengajarkan Setensia (Senam Anti Hipertensi pada Lansia).

Akibat pandemi Covid-19, posyandu lansia Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sementara ditiadakan, sehingga pelaksanan kegiatan ini dilakukan secara door to door ke setiap rumah lansia.

Kegiatan senam dilakukan secara interakif melalui media berupa presentasi, pemutaran video dan gerakan yang disimulasikan oleh mahasiswa kemudian dilakukan bersama-sama dengan lansia.

Rangkaian gerakan SETENSIA bermacam-macam, dimulai dari pemanasan dengan tarik nafas dalam, bertepuk tangan, menepuk-nepuk tangan sampai ke bahu, hingga gerakan menepuk pinggang dan diakhiri dengan pendinginan.

“Senam ini bermanfaat untuk mencegah hipertensi dengan menguatkan otot jantung dan paru, serta meningkatkan aliran darah,” kata Eka Novia Astuti .

Selain senam anti hipertensi, pada kegiatan ini juga dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemberian edukasi mengenai pencegahan dan diet hipertensi dengan CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup dan Kelola Stress.

“Kegiatan ini disambut hangat oleh lansia dengan antusias yang sangat baik selama keberlangsungan program,” ujarnya.

Menurut Mbah Harjo, salah satu lansia yang mengikuti kegiatan, edukasi ini sangat bermanfaat terlebih lagi senam yang diajarkan mudah untuk dilakukan.

Harapannya kegiatan senam ini dapat dilakukan bersama-sama secara rutin saat posyandu lansia kembali diadakan.

Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) LPPM Undip, Fahmi Arifan ST M.Eng, menyebutkan, ada sejumlah 3.852 mahasiswa mengikuti KKN Tim II 2020. Mereka disebar ke seluruh daerah di Indonesia dari Aceh hingga Papua Barat.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved