Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Dampingi Warga Bayalangu Cirebon Berbisnis Milenial di Era New Normal

Adanya sosialisasi mengenai peluang bisnis dan strategi bisnis yang efektif di era new normal ini membuat masyarakat mulai terinspirasi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II, Evita Gallantry, bersama seorang warga Desa Bayalangu Lor, Kecamatan Gegesik, Cirebon, Jawa Barat di sela memberikan bimbingan mengenai peluang bisnis yang bisa dilakukan di era new normal agar dapat meningkat 

TRIBUNJATENG.COM, CIREBON - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II, Evita Gallantry, melakukan pendampingan pada warga Desa Bayalangu Lor, Kecamatan Gegesik, Cirebon, Jawa Barat mengenai peluang bisnis yang bisa dilakukan di era new normal agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat, diketahui bahwa tidak sedikit masyarakat yang terdampak secara ekonomi dengan adanya virus ini,” ujar Evita, Rabu (23/7/2020).

Ia mengungkapkan, banyak masyarakat yang ingin memulai berbisnis namun mereka tidak mengetahui apa yang harus dipersiapkan.

Adanya sosialisasi mengenai peluang bisnis dan strategi bisnis yang efektif di era new normal ini membuat masyarakat mulai terinspirasi untuk membuat bisnis.

Selain itu masyarakat masih banyak yang belum mengetahui seperti apa dan bagaimana strategi pemasaran dalam suatu bisnis.

“Dalam sosialisasi ini saya memberikan beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah untuk menyambut era new normal,” katanya.

Ide bisnis tersebut yaitu frozen food, jus sehat dan minuman herbal, katering sehat serta online shop kebutuhan sehari-hari.

“Contoh bisnis tersebut menurut saya tidak memberatkan masyarakat terutama yang berada di desa,” katanya.

Hal tersebut dikarenakan contoh bisnis tersebut tidak membutuhkan modal awal yang cukup besar dan juga tidak terlalu sulit apabila mencoba untuk direalisasikan oleh masyarakat.

Pada awalnya strategi pemasaran yang biasa digunakan adalah 4P yang terdiri atas Product, Price, Place dan Promotion.

Sedangkan saat ini para pebisnis telah menggunakan strategi pemasaran baru yaitu 4C yang terdiri atas Costumer, Cost, Convenience dan Communication.

Strategi pemasaran ini diharapkan akan lebih efektif karena berfokus pada pemasaran, penjualan produk dan komunikasi target pelanggan.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved