Breaking News:

Multifinance

Pembiayaan Multifinance Mulai Menggeliat pada Juni

Kinerja multifinance pada Juni 2020 mulai menggeliat, dengan mulai tumbuhnya permintaan. Apalagi, beberapa multifinance mengaku permintaan restrukturi

KONTAN/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Kinerja multifinance pada Juni 2020 mulai menggeliat, dengan mulai tumbuhnya permintaan. Apalagi, beberapa multifinance mengaku permintaan restrukturisasi pembiayaan semakin sedikit.

PT BCA Finance misalnya yang telah merasakan peningkatan permintaan pembiayaan pada Juni. Direktur Utama BCA Finance, Roni Haslim mengatakan, penyaluran pembiayaan baru pada Juni sebesar Rp 192 miliar, tumbuh 108,7 persen mtm dari bulan sebelumnya Rp 92 miliar.

“Kami targetkan pembiayaan baru di sepanjang semester II/2020 sebesar Rp 4,8 triliun. Pengajuan restrukturisasi pembiayaan yang masuk sudah sangat kecil,” ujarnya, kepada Kontan, Senin (20/7).

Menurut dia, total pembiayaan sepanjang semester I/2020 tercatat sebesar Rp 9,1 triliun, turun 44 persen year on year (yoy) dibandingkan dengan periode sama tahun lalu mencapai Rp 16,29 triliun

Anak perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) itu bakal membidik mobil penumpang sepanjang paruh kedua 2020. Tetapi, Roni mengaku tetap berhati-hati dalam menyalurkan pembiayaan hingga penghujung tahun, guna meminimalisir dampak covid-19.

Ia mengaku, pembiayaan pada paruh pertama 2020 lebih ditopang kinerja pada tiga bulan awal. Sebab, pada kuartal I/2020 pembiayaan BCA Finance sudah mencapai Rp 7,96 triliun.

PT Mandiri Tunas Finance (MTF) juga mulai memacu pembiayaan baru meski masih tetap berhati-hati. MTF mencatat pembiayaan baru pada Juni 2020 mencapai Rp 527 miliar, tumbuh 14,5 persen mtm dari bulan sebelumnya senilai Rp 460 miliar.

Direktur MTF, Harjanto Tjitohardjojo menyatakan pembiayaan itu ditopang nasabah dari segmen berpenghasilan tetap, serta sektor wirausaha yang menggarap sub sektor kesehatan, logistik, dan pangan.

“Permintaan pembiayaan yang masih bagus ada di Kalimantan dan untuk customer fleet. Tetapi pembiayaan baru dari awal tahun hingga Juni 2020 mencapai Rp 8,8 triliun, masih lebih rendah dari periode sama tahun lalu mencapai Rp 13,4 triliun,” jelasnya.

Strategi

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved