Breaking News:

KKN Undip

Kurangi Sampah, Mahasiswa KKN Undip Rancang TPS 3R di Tlobong Klaten

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP 2020, Andrian Fajar Saputra merancang TPS 3R di Desa Tlobong, Delangu, Klaten, Jawa Tengah. Program kerja ini berkaitan de

IST
Desain denah TPS berada di Dusun Turen, Kecamatan Delangu, Klaten 

TRIBUNJATENG.COM, KLATEN - Mahasiswa Tim II KKN UNDIP 2020, Andrian Fajar Saputra merancang tempat pembuangan sampah (TPS) 3R di Desa Tlobong, Delangu, Klaten, Jawa Tengah.

Program kerja ini berkaitan dengan rencana Pemerintah Desa yang akan membangun TPS pada tahun 2021 tetapi belum memiliki desain dan RAB.

Lokasi rencana TPS berada di Dusun Turen dengan luas tanah 1241 meter persegi.

Desain denah TPS berada di Dusun Turen, Kecamatan Delangu, Klaten
Desain denah TPS berada di Dusun Turen, Kecamatan Delangu, Klaten (IST)

Struktur bangunan TPS direncanakan menggunakan rangka kuda-kuda baja ringan dengan atap jenis galvalum, kolom dan balok ring berupa beton bertulang, pondasi menerus, serta dinding menggunakan pasangan batu bata.

“Pemilihan bahan yang akan digunakan diusahakan seekonomis mungkin tetapi tetap memenuhi standar perencanaan,” kata Andrian Fajar Saputra, Minggu (26/7/2020).

Dengan total luas bangunan ± 239,77 m2, fasilitas yang tersedia antara lain : area pemilahan, komposter model boks berongga, rak penyimpanan sampah anorganik, kantor, kamar mandi, area unloading truk sampah, dan tempat penyimpanan sampah yang tidak dapat diolah.

Selanjutnya desain tersebut dihitung besaran RAB.

Setelah selesai, desain dan RAB akan diserahkan ke pemerintah desa agar dapat ditindaklanjuti.

Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) LPPM Undip, Fahmi Arifan ST M.Eng, menyebutkan, ada sejumlah 3.852 mahasiswa mengikuti KKN Tim II 2020. Mereka disebar ke seluruh daerah di Indonesia dari Aceh hingga Papua Barat.

Fahmi mengatakan, adanya pandemi Covid-19 maka kegiatan KKN tim 2 2019/2020 mengalami perubahan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved