Breaking News:

Berita UMKM

Miliki Sejarah Keluarga, Yuni Kembangkan Wedang Seco, Varian Rasa Pakai Nama Leluhur

Yuni menuturkan, Wedang Seco awalnya menjadi minuman keluarga dan hanya disajikan saat acara Buka Luwur di Punden Keluarga

Istimewa
Wedang Seco. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sadar memiliki sejarah keluarga, Sri Yuni Karnawati mengembangkan wedang Seco warisan keluarga untuk dikemas dan dijual.

Dimulai sejak tahun 2015 lalu, owner dari SYK Peoduction ini mulai memroduksi racikan tradisional kuliner yang menemani perjalanan sejarah keluarga besar Ki Ageng Seco Legowo.

Menurut sapaan Yuni itu, dirinya yang menjadi generasi ke-7 dalam keluarga Ki Ageng Seco Legowo ini perlu melestarikan minuman tradisonal yang telah diwariskan secara turun-temurun.

"Saya adalah generasi ke-7 dalam keluarga Ki Ageng Seco Legowo yang merupakan keluarga besar pendiri dusun Karangmalang di kecamatan Gebog kabupaten Kudus.

Menjaga situs peninggalan dan warisan budaya serta kuliner tradisional keluarga menjadi prioritas saya," terang Yuni melalui keterangan tertulisnya.

Yuni menuturkan, Wedang Seco awalnya menjadi minuman keluarga dan hanya disajikan saat acara Buka Luwur di Punden Keluarga (Punden Kyai Kramat).

Ia kini ingin minuman tersebut juga dapat dinikmati masyarakat luas.

Dengan berbekal ilmu Biologi, IPA dan pengalaman penelitian produk di UNDIP Semarang, Yuni mulai melakukan pengembangaan dengan menghasilkan 6 varian rasa.

Varian tersebut yakni Seco Legowo (dominan kayu manis), Seco Rejo (dominan daun-daunan), Seco Ludiro (dominan Kayu Secang), Jogo Reso (dominan jahe), Wiro Joyo (dominan kayu secang, daun jeruk), dan 6) Ranu Joyo (dominan serai).

Yuni menyebut, nama-nama varian rasa tersebut diambil dari nama eyang buyutnya.

Halaman
12
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved