Breaking News:

Liputan Khusus

Tanggapan Pakar Antropologi Undip Soal Prostitusi Online: Dr Amirudin: Alasan Ekonomi & Gaya Hidup

Bagi mereka yang berpola rasional ini berisi kelompok PSK yang menganggap kesehatan, keselamatan adalah segalanya. Covid-19 oleh mereka diposisikan

IST
Ketua Prodi Antropologi FIB Undip Dr. Amirudin, MA 

Dr. Amirudin, MA
Ketua Prodi Antropologi Undip
Alasan Ekonomi dan Gaya Hidup

COVID-19 memang telah mengoyak semua sektor kehidupan. Banyak kelompok terdampak covid-19 yang jatuh miskin.

Sementara pemerintah tetap meminta kepada siapapun tanpa kecuali melaksanakan protokol kesehatan, self-issolation, untuk menghindari transmisi virus.

Semua lokalisasi dan tempat-tempat lainnya yang diduga dapat dimanfaatkan untuk aktivitas prostitusi ditutup.

Maka banyak di antara mereka menjadi tak berpendapatan, atau jatuh ke dalam kelompok miskin baru, kehilangan matapencaharian (lost income group), karena memang pendapatan mereka sangat tergantung pada tamu-tamu yang ditemui.

Terhadap situasi kerentanan seperti itu, nalar pikir kelompok rentan ini diduga membelah dalam dua pola pikir: ada yang rasional dan non-rational.

Persis seperti pandangan Levi-Strauss (1976), yang menyatakan respon tindakan terhadap suatu fenomena sangat tergantung pada kemampuan menstrukturasi (structuring) melalui pantulan dari nalar pikir yang dimiliki.

Dan nalar pikir (deep structure) itu, yang umumnya berkarakter oposisi biner, atau saling berlawanan yang akan menentukan struktur permukaan berupa pilihan tindakan nyata.

Dalam konteks itu, ragam tindakan yang diwujudkan oleh kaum PSK ini berupa tindakan disiplin/abai pada kewajiban melalukan protokol kesehatan, itu merupakan pantulan nyata dari nalar pikirnya: rational atau non-rational.

Bagi mereka yang berpola rasional ini berisi kelompok PSK yang menganggap kesehatan, keselamatan adalah segalanya. Covid-19 oleh mereka diposisikan sebagai ancaman yang membahayakan.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved