Breaking News:

UNS Surakarta

UNS Solo Tandatangani MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Unsyiah Banda Aceh

Semoga MoU kita ini tidak sekadar seremonial, namun bisa melahirkan hasil nyata.

UNS Solo Tandatangani MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Unsyiah Banda Aceh
IST
UNS Tandatangani MoU dengan Unsyiah Tentang Tri Dharma PT

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh terkait Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), Selasa (21/7/2020).

Penandatangan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dengan dihadiri masing-masing Rektor serta pimpinan kedua PT.

Dalam kesempatan tersebut, penandatanganan Nota Kesepahaman langsung dilakukan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dan Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal.

Prof. Jamal menyampaikan, lantaran masih dalam pandemi Covid-19, maka pelaksanaan MoU harus dilakukan secara daring.

"Meski secara fisik jauh, namun kita dekat di hati," terang Prof. Jamal membuka sambutannya.

Prof. Jamal berharap, melalui MoU ini hubungan antara UNS dengan Unsyiah dapat semakin baik utamanya dalam bidang Tri Dharma PT yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Sebelumnya kan tidak ada ikatan, nah sekarang sudah ada ikatan MoU semoga bisa lebih erat lagi," imbuh Prof. Jamal.

Menunjuk pada ide besar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan Kampus Merdeka, sebagai PT harus terbuka dengan pihak manapun.

Misalnya PT dengan PT, PT dengan birokrasi, PT dengan dunia usaha dan PT dengan dunia industri.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kualitas output PT.

"Semoga MoU kita ini tidak sekadar seremonial, namun bisa melahirkan hasil nyata. Ibarat sebuah perkawinan yang akan melahirkan generasi unggul. Semoga UNS bisa memberikan kontribusi untuk Unsyiah, begitu juga sebaliknya Unsyiah bisa memberikan kontribusi untuk UNS," ujar Prof. Jamal.

Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal menambahkan, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unsyiah bisa bekerja sama dengan UNS.

"Semoga ke depan bisa saling tukar mahasiswa dan dosen. Bisa juga di era pandemi ini dosen UNS mengajar secara daring di Unsyiah begitu juga sebaliknya. Atau bisa juga melibatkan pelatihan untuk mahasiswa atau dosen Unsyiah," ujar Prof. Samsul.

Prof. Samsul berharap ada kolaborasi riset antara Unsyiah dengan UNS.

"Terlebih untuk saat ini, publikasi Jurnal terikdeks Scopus UNS lebih tinggi dibanding Unsyiah, ijinkan kami bisa belajar supaya indeks Scopus kita bisa meningkat," pungkasnya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved