Breaking News:

Barikade Akan Dipasang Saat Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Agung Solo

Pengelola Masjid Agung Solo bersiap menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Pekerja saat mempersiapkan tempat penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Solo, Rabu (29/7/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pengelola Masjid Agung Solo bersiap menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Barikade atau pembatas disiapkan untuk mengantisipasi adanya kerumunan saat penyembelihan hewan kurban.

Dalam perayaan Idul Adha tahun ini di Kota Solo, Presiden Jokowi menyerahkan dua ekor sapi jenis limosin sebagai hewan kurban. Selain diberikan ke Masjid Al Wustho Mangkunegaran, satu ekor sapi lainnya diserahkan ke Masjid Agung Solo.

Kepala TU Masjid Agung, Muhammad Alif menyampaikan, rencanannya sapi sebagai hewan kurban dari Jokowi tersebut akan dikirim dari peternakan di Sukoharjo ke Masjid Agung esol hari, Kamis (30/7/2020).

Sesuai aturan dalam pelaksanaan Salat Idul Adha maupun penyembelihan hewan kurban, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan. Nantinya petugas saat penyembelihan akan mengenakan sarung tangan dan masker.

"Petugas atau tenaga diambilkan dari sekitar Masjid Agung (warga), ada sekitar 50 orang. Petugas begal dari RPH Ngampel," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (29/7/2020).

Guna mengantisipasi adanya kerumunan, pihaknya bekerja sama dengan anggota kepolisian serta TNI untuk membantu menertibkan. Selain itu, barikade atau pembatas juga akan dipasang di sekitar lokasi penyembelihan.

"Supaya tidak mendekat dan melihat dari jauh. Nanti sapi dari Jokowi juga dipasang barikade," jelasnya.

Alif menuturkan, sampai saat ini tercatat ada enam ekor sapi dan tiga ekor kambing. Di sisi lain, pihaknya telah menentukan titik lokasi pembagian daging hewan kurban.

"Ada 40 titik. Diutamakan sekitar masjid dulu. Baru daerah lain. Kita bagi dari ke rumah-rumah langsung," ucapnya.

Terkait Salat Idul Adha di Masjid Agung Solo akan dilaksanakan pada Jumat (31/7/2020) pukul 06.00. Sedangkan pelaksanaan penyembelihan dilangsungkan pada Sabtu (1/8/2020).

Terpisah, Sekretaris Takmir Masjid Al Wustho, Purwanto menambahkan, tercatat sementara ini ada 3 hewan kurban sapi termasuk pemberian dari Jokowi dan ada 5 ekor kambing.

"Plaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Masjid Al Wustho Mangkunegaran dilakukan pada Jumat (31/7/2020) pukul 06.00 dan penyembelihan pada hari yang sama pukul 08.00," imbuhnya.  (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved