Breaking News:

KKN Undip

Atasi Kecemasan saat Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Ajarkan SIMAMILARI

Mahasiswa Undip melakukan psikoedukasi kepada warga Dusun Seneng, mengenai kecemasan dan cara mengatasinya melalui SIMAMI LARI.

IST
Mahasiswa Undip melakukan psikoedukasi kepada warga Dusun Seneng, Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Di minggu kedua pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung kali ini mahasiswa Undip melakukan psikoedukasi kepada warga Dusun Seneng, Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, mengenai kecemasan dan cara mengatasinya melalui SIMAMI LARI (Psikoedukasi Kecemasan di Masa Pandemi dan Relaksasi Mandiri).

Diketahui melalui hasil observasi dan wawancara pada minggu pertama di masa pandemi Covid 19, banyak warga Dusun Seneng yang mengalami kecemasan.

“Khususnya kecemasan terhadap masa depan karena berkurangnya pendapatan dan kecemasan terhadap kesehatan karena khawatir tertular virus corona,” kata mahasiswa KKN Tim II Undip 2020, Rosiana Gitti Safitri, Rabu (29/7/2020).

Mahasiswi Fakultas Psikologi Undip ini menjelaskan, program SIMAMI LARI berisi psikoedukasi kecemasan, pemberian modul dan pelatihan relaksasi mandiri melalui door to door.

Tujuan dari program SIMAMI LARI yaitu untuk mengedukasi warga Dusun Seneng tentang apa itu kecemasan, bentuk, dan dampaknya, serta dapat mengatasi kecemasan yang dialami dengan relaksasi mandiri melalui penerapan modul dan pelatihan yang telah diberikan.

Modul yang diberikan dalam program SIMAMI LARI
Modul yang diberikan dalam program SIMAMI LARI (IST)

Melalui program ini diharapkan warga Dusun Seneng mampu mengatasi kecemasannya secara mandiri melalui relaksasi sehingga mampu mewujudkan kehidupan yang sehat dan sejahtera.

Program ini sejalan dengan mendukung Sustainable Development Goals poin 3 yaitu good health and well being.

Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) LPPM Undip, Fahmi Arifan ST M.Eng, menyebutkan, ada sejumlah 3.852 mahasiswa mengikuti KKN Tim II 2020. Mereka disebar ke seluruh daerah di Indonesia dari Aceh hingga Papua Barat.

Fahmi mengatakan, adanya pandemi Covid-19 maka kegiatan KKN tim 2 2019/2020 mengalami perubahan.

KKN yang biasanya dilakukan di lokasi yang ditentukan oleh LPPM, lanjutnya, maka saat ini ditentukan berdasarkan lokasi domisili (kampung halaman) dari mahasiswa atau dapat memilih lokasi di luar domisili.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved