Breaking News:

KKN Undip

Bahaya Pinjol Pinjaman Online Ilegal di Tengah Pandemi Covid-19

Kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama pada masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap menyebabkan timbulnya jalan pintas.

IST
Mahasiswa KKN Undip, Devita Ayu Maharani memberikan pemahaman bahaya pinjaman online pada warga RT 06 RW 04 Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Universitas Diponegoro telah diterjunkan untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di daerah domisili masing-masing karena adanya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Tema Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan mulai tanggal 5 Juli-15 Agustus 2020 ini adalah Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

Adanya wabah pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia menyebabkan berbagai bidang dalam kehidupan bermasyarakat ikut terdampak. Salah satu bidang yang paling terdampak adalah bidang ekonomi.

Kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama pada masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap menyebabkan timbulnya jalan pintas untuk melakukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online.

Dikarenakan syarat-syarat pinjaman yang mudah dan dana yang cepat cair, pinjaman online menjamur selama pandemi.

Di sisi lain bahaya intimidasi, teror dan pencurian data menghantui bagi para pengguna pinjaman online yang tidak membayar pinjamannya.

Mahasiswa KKN Undip, Devita Ayu Maharani memberikan pemahaman bahaya pinjaman online pada warga RT 06 RW 04 Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

“Agar mengetahui bahaya pinjaman online dan mengetahui kekuatan hukum dari dilakukannya pinjaman melalui aplikasi online,” kata Devita, Rabu (29/7/2020).

Metode sosialisasi salah satunya dengan membagikan brosur kepada warga yang sedang berada di luar rumah.

Dengan dilaksanakannya program ini diharapkan warga masyarakat di lingkungan RT 06 RW 04 Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang lebih memahami bahaya dari pinjaman online illegal.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved