Breaking News:

H-1 Idul Adha, Beberapa Harga Komoditas Terpantau Stabil

H-1 Iduladha, beberapa harga komoditas di Kota Semarang terpantau stabil.

H-1 Idul Adha, Beberapa Harga Komoditas Terpantau Stabil
Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Suasana di lapak daging ayam milik Azizah. Terlihat Azizah sedang melayani pesanan konsumen.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - H-1 Iduladha, beberapa harga komoditas di Kota Semarang terpantau stabil.

Kabid Pengembangan Perdagangan dan Stabilisasi Harga Dinas Perdagangan Kota Semarang, Sugeng Dilianto mengatakan harga komoditas di Kota Semarang pada H-1 Idul Adha ini dipastikan masih stabil.

“Harga komoditas bahan pangan pada Idul Adha tahun ini tidak ada gejolak. Masih terkendali harganya,” ungkap Dili kepada Tribun Jateng, Kamis, (30/7/2020).

Terkait dengan ketersediaan komoditas bahan pangan pada perayaan hari raya Idul Adha tahun 2020 ini, juga dikatakannya masih aman.

Sementara itu satu diantara pedagang di pasar Bulu Semarang, Ngateni mengatakan untuk harga beberapa komoditas yang dijual di lapak miliknya jelang hari Raya Idul Adha ini terpantau masih stabil.

“Untuk harga sekarang ini masih stabil, kalau ada kenaikan pun saya kira masih dalam batas wajar. Contohnya saja, saya jual cabai merah sekarang Rp 16 ribu per kilogram, sedangkan minggu lalu saya jual Rp 10 ribu per kilogram,” ujar Ngateni.

Adapun komoditas lainnya seperti cabai rawit Rp 18 ribu per kilogram, bawang merah Rp 24 ribu per kilogram, dan bawang putih Rp 20 ribu per kilogram.

Satu diantara pedagang daging ayam di Pasar Bulu, Azizah mengatakan jelang hari raya Idul Adha harga daging ayam dikatakannya mengalami sedikit peningkatan, namun hal tersebut masih dianggapnya wajar.

“Minggu lalu saya jual Rp 26 ribu per kilogram, hari ini saya jual Rp 33 ribu per kilogram. Meskipun begitu, menurut saya harga ini masih stabil, karena kenaikannya tidak setinggi perayaan Idul Fitri kemarin,” ucap Azizah.

Terkait dengan daya beli masyarakat, dikatakannya juga masih stabil.

Ia pun memprediksi pada perayaan hari raya Idul Adha tahun ini, daging ayam akan menjadi serbuan masyarakat.

“Karena sekarang kan lagi masa pandemi seperti ini, sehingga perekonomian masyarakat kan tidak sebagus di tahun-tahun sebelumnya. Biasanya yang suka bakar-bakar daging sapi atau daging kambing untuk merayakan Idul Adha, ditahun ini akan menyerbu daging ayam karena lebih murah,” tandasnya.  (*)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved