Breaking News:

KKN Undip

Ikan Bandeng Asap Tanpa Proses Pengasapan, Begini Cara Pembuatannya

Di Desa Gedungmulyo ini memiliki potensi tambak yang cukup baik, sehingga tak heran jika banyak warga yang mengolah ikan menjadi ikan asap.

IST
Pelaksanaan pelatihan pembuatan ikan bandeng asap oleh mahasiswa KKN Undip 

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG - Ikan asap merupakan produk hasil olahan tradisional yang sudah tidak asing lagi bagi warga, khususnya di Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Di Desa Gedungmulyo ini memiliki potensi tambak yang cukup baik, sehingga tak heran jika banyak warga yang mengolah ikan menjadi ikan asap.

Namun proses pengasapan yang dilakukan masyarakat sekitar masih bersifat tradisional.

Padahal roses pengasapan yang dilakukan secara tradisional memliki banyak kekurangan antara lain dapat menyebabkan pencemaran lingkungan serta ikan pengasapan yang dihasilkan kurang sehat karena mengandung senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Sehingga perlu diperkenalkan kepada masyarakat bahwasannya sekarang sudah ada suatu terobosan baru mengenai proses pengasapan ikan tanpa harus melalui pengasapan, proses ini tentunya memberikan kualitas ikan asap yang lebih baik dan sehat yaitu dengan menggunakan Asap Cair.

Melihat kondisi tersebut salah satu Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2020 Muhammad Bahtiar Rusdi berinisiatif mengadakan pelatihan pembuatan ikan bandeng asap menggunakan Asap Cair sebagai pengganti proses pengasapan ikan yang masih dengan cara tradisional.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengasapan yang lebih higienis dan sehat,” kata mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip ini, Rabu (29/7/2020).

Selain itu, supaya masyarakat dapat menciptakan produk khas Rembang berupa ikan bandeng asap dengan cara pengasapan yang berbeda.

Pelaksanan kegiatan diawali dengan mejelaskan proses pembuatan Asap Cair kepada peserta sambil memperlihatkan video proses pembuatannya.

Kemudian mempraktekan cara membuat ikan bandeng asap.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved