Berita Internasional

Mengaku Alami Sensasi Aneh, Wanita Ini Ditemukan di Kebun Mengais Tanah dan Berkokok seperti Ayam

Wanita 54 tahun itu, yang tidak mempunyai sejarah penyalahgunaan alkohol maupun narkoba, ditemukan oleh saudaranya di kebun.

Art Center of Citrus County
Ilustrasi ayam jago 

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS - Di Belgia, seorang perempuan ditemukan saudaranya berkokok seperti ayam jago.

Psikiater menyebutnya gangguan kejiwaan terkait dengan depresi.

Wanita 54 tahun itu, yang tidak mempunyai sejarah penyalahgunaan alkohol maupun narkoba, ditemukan oleh saudaranya di kebun.

Ini Alasan Partai Nasdem Resmi Dukung Hendi-Ita di Pilwakot Semarang 2020

Rumah Tangga Berantakan dan Harta Terkuras Habis, Ini Cerita Nunung saat Kecanduan Narkoba

Pasutri Tewas Bersimbah Darah di Tegal, Diduga Terkait Bisnis Love Bird

Tata Cara Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah, Lengkap dengan Tanggal Pelaksanaannya

Dilaporkan The Guardian pada Selasa (28/7/2020), perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu tiba-tiba mengais tanah dan berkokok layaknya ayam jantan.

Ketika dilarikan ke bangsal gawat darurat, wanita itu kemudian mengungkapkan bahwa dia mengalami "sensasi aneh' di sekujur tubuhnya.

Setelah mengalami kejang, wanita itu dikabarkan pulih, dan merasa malu ketika diingatkan soal itu, di mana ingatannya disebut terganggu.

Peneliti di KU Leuven, universitas di kota Belgia Flemish, di jurnal medis Tijdschrift voor Psychiatrie menulis kasus itu bisa disebut zoanthropy.

Kasus itu, di mana seseorang percaya bahwa dirinya merupakan binatang, jarang terlaporkan karena kesulitan pasien menjelaskan apa yang mereka alami.

Dalam periode 1850 sampai 2012, terdapat setidaknya 56 deskripsi yang bisa dikategorikan dalam kasus tersebut, melalui literatur medis dan sejarah.

Dalam penjelasan yang terdokumentasi, pasien mereka mereka adalah anjing, singa, hyena, hiu, buaya, kucing, angsa, badak, kelinci, hingga kerbau.

Dalam kasus perempuan di Belgia, disebutkan dia berpacaran selama 20 tahun, mempunyai pekerjaan stabil di bidang farmasi setahun terakhir.

Namun, wanita tersebut mengalami depresi setelah salah satu keluarganya, meninggal, dengan kondisi itu dikatakan lazim di antata kerabatnya.

Jurnal itu menjelaskan, gejala zoanthropy biasanya berkisar dari satu jam hingga beberapa dekade, dan lebih banyak ditemui di daerah pedesaan.

Para peneliti menghubungan kondisi itu secara umum dengan gangguan kejiwaan lain seperti schizophreni, depresi psikotik, hingga gangguan mood bipolar.

Penulis jurnal tersebut menyatakan, kondisi itu belum bisa mereka pahami.

" Zoanthropy klinis, atau merasa seperti hewan, adalah delusi langka," tulis mereka.

Menurut penulis, kodnisi tersebut bisa jadi karena gangguan kejiwaan, tapi bisa juga akibat gangguan struktural atau fungsional otak. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Idap Penyakit Aneh, Perempuan Ini Berkokok dan Mengais-ngais Tanah Seperti Ayam

Video Bidan Ini Dicaci Hingga Dilempar Batu Saat Bertugas di Tengah Pandemi

Cita Citata Gagal Jadi Isbul, Rencana Kencan Ganda dengan Melaney Ricardo Batal

Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia di RSUD Tidar Magelang

Rambut Pirangnya Jadi Sorotan, Ini Alasan Pasha Ungu Ubah Penampilan

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved